Punya Gejala Mirip, Ini Perbedaan Gejala Demam Berdarah dan Tipes

Punya Gejala Mirip, Ini Perbedaan Gejala Demam Berdarah dan Tipes

Perbedaan Gejala Demam Berdarah dan Tipes-(Pixabay/Vika_Glitter)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tipes dan demam berdarah atau DBD seringkali mempunyai gejala yang mirip, yaitu berupa demam tinggi dan tubuh yang lemas.

Untuk membedakan kedua penyakit ini, salah satunya dnegan gejala yang muncul. Yuk cari tahu perbedaan gejala demam berdarah dan tipes!

Cara Membedakan Tipes dan DBD Berdasarkan Penyebabnya

Sebelum mengetahui gejalanya, kita juga perlu mengetahui perbedaan tipes dan DBD dari penyebabnya. Meskipun keduanya menimbulkan infeksi dalam tubuh, penyebab dari kedua penyakit ini sangat berbeda.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Demam Naik Turun Bisa Jadi Gejala Demam Berdarah pada Anak

Penyebab DBD

Demam berdarah dengue (DBD) disebabkan oleh virus dengue (DEN-virus) yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti betina. Nyamuk ini banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis, terutama saat musim hujan.

Indonesia, sebagai salah satu negara tropis terbesar yang berada di garis khatulistiwa, sering menghadapi kasus DBD. Oleh karena itu, baik DBD maupun tipes harus ditangani dengan serius karena risikonya dapat membahayakan nyawa.

Penyebab Tipes

Dalam istilah medis, tipes dikenal sebagai Typhus fever. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Rickettsia dan Orientia yang menginfeksi manusia melalui gigitan tungau atau kutu.

Bakteri ini masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka. Selain itu, bakteri ini bisa berasal dari luka akibat gigitan tungau atau kutu yang telah terkontaminasi.

Cara Membedakan Tipes dan DBD Berdasarkan Gejala

Selain penyebabnya, tipes dan DBD juga memiliki perbedaan yang dapat dikenali dari gejalanya. Berikut beberapa perbedaan gejala antara tipes dan DBD:

Bintik atau Ruam Merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: