Dinkes Karawang Evaluasi Rujukan Sijariemas, Kumpulkan Semua Rumah Sakit dan PONED se-Karawang

Dinkes Karawang Evaluasi Rujukan Sijariemas, Kumpulkan Semua Rumah Sakit dan PONED se-Karawang

Dinkes Karawang menggelar pertemuan Evaluasi Rujukan Sijariemas terhadap penangung jawab rujukan sijariemas dari Rumah Sakit se- kabupaten karawang dan Penangung jawab PONED di 36 Puskesmas se- kab Karawang. -KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang terus berupaya melakukan peningkatan kualitas pelayanan. Salah satunya dengan menggelar pertemuan Evaluasi Rujukan Sijariemas terhadap penangung jawab rujukan sijariemas dari Rumah Sakit se- kabupaten karawang dan Penangung jawab PONED di 36 Puskesmas se- kab Karawang. 

Kepala Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Karawang, dr Nurmala Hasanah menjelaskan, SiJariEMAS adalah Sistem Informasi dan Komunikasi Jejaring Rujukan Gawat Darurat Ibu dan Bayi Baru Lahir.

Site mini berisi informasi dan komunikasi berbasis teknologi informasi bagi ibu hamil, tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan dalam proses kehamilan, perencanaan persalinan, pencegahan komplikasi, dan rujukan ke gawat daruratan maternal neonatal yang bertujuan untuk menyelamatkan ibu dan bayi.

BACA JUGA:Ekspedisi Hijau Sobat Bumi ITBP Tanam 300 Pohon Mangrove di Karangsong

“Sejak diluncurkan oleh Bupati Karawang tanggal 14 September 2013 lalu, SiJariEMAS telah merujuk lebih dari 22.980 kasus, dan mendapat kepastian rumah sakit rujukan kurang dari 10 menit, mendapat tindakan pra rujukan sesuai advis, rumah sakit lebih siap menerima rujukan, lebih dari 4.081 tenaga kesehatan terdaftar di aplikasi SiJariEMAS,” jelas Nurmala. 

Melalui beberapa peningkatan system, lanjut Nurmala, saat ini keberlangsungan sistem rujukan di Kabupaten Karawang telah mengalami 1 kali pembaharuan yaitu dengan menambahkan media WA dan dashboard di aplikasi SijariEMAS. 

“Sehingga memudahkan para pembuat kebijakan untuk menganalisis dan membuat rencana kegiatan terkait upaya penurunan kasus kematian ibu dan bayi baru lahir di Kabupaten Karawang,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Kesehatan Keluarga, dr Eneng Sukamaynti menjelaskan, tujuan pertemuan Evaluasi Rujukan Sijariemas ini diantaranya untuk menjamin aksesibilitas dan ketersediaan layanan rujukan maternal dan neonatal. Selain itu, Dinkes Karawang berupaya untuk meningkatkan Efektivitas Sistem Rujukan SiJariEMAS.

BACA JUGA:Pengalaman dr. Andira Utami Manfaatkan Fitur di Samsung Z Fold6 Sebagai Entrepreneur

“Dengan begitu kita juga bisa mengidentifikasi masalah dan hambatan selama merujuk melalui SiJariEMAS, sekaligus mengoptimalkan penggunaan sumber daya serta Kerjasama Antar Fasilitas Kesehatan,” imbuhnya. (wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: