Tips and Trick Mengobati Duri Ikan yang Tersedak di Tenggorokan.

Tips and Trick Mengobati Duri Ikan yang Tersedak di Tenggorokan.

Tersedak Duri Saat Makan Ikan- Tersedak Duri Saat Makan Ikan-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID Siapasih yang gak suka sama ikan. Bukan Cuma enak, ikan juga punya kandungan gizi dan nutrisi yang melimpah dan sangat bermafaat bagi tubuh. Meski enak, kamu perlu berhati hati saat mengkonsumsi ikan, jangan sampai duri ikan tersangkut pada tenggorokanmu. Tersangkut duri ikan sangat mengganggu aktifitas, membuat tenggorokan terasa pedih dan tidak nyaman.

BACA JUGA:Fitur Lengkap, Inilah Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa Akuntansi, Cek Yuk!

Duri atau tulang ikan yang berukuran kecil dan tipis sering kali bisa tertelan dengan mudah saat sedang mengunyah, terutama jika tidak disadari. Meskipun kondisi ini bisa sangat mengganggu, penting untuk tetap tenang karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya tanpa harus panik.

Berikut adalah beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengatasi tersedak duri ikan:

1. 1.  Makan Pisang
Mengonsumsi pisang bisa menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan. Tekstur pisang yang lembut dapat membantu mengangkat duri ikan dan mendorongnya ke dalam perut tanpa menyebabkan iritasi atau luka pada tenggorokan. Jadi, jika mengalami masalah tersedak duri ikan, mencoba makan pisang bisa menjadi solusi yang tepat.

2.  2.  Batuk dengan Kuat
Batuk adalah respons alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang berada di tenggorokan atau saluran pernapasan. Tekanan udara yang dihasilkan saat batuk dapat membantu mendorong duri ikan keluar dari tenggorokan. Biarkan refleks batuk terjadi secara alami, dan setelah duri ikan berhasil dikeluarkan, minumlah air untuk menenangkan tenggorokan.

3.    3. Makan Roti yang Dibasahi
Ambil sepotong roti, celupkan ke dalam air atau susu hingga basah, kemudian peras dan gulung menjadi bola kecil. Telan bola roti ini tanpa mengunyah terlalu banyak. Roti yang basah dapat membantu mengangkat duri ikan dan mendorongnya ke dalam perut dengan lebih mudah.

4.  4.  Makan Nasi atau Kentang yang Lunak
Jika tidak nyaman menggunakan roti, nasi yang dimasak hingga lunak atau kentang yang telah dihaluskan bisa menjadi alternatif. Konsistensi nasi atau kentang yang lembut dapat membantu mendorong duri ikan ke dalam perut dengan aman. Ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda memiliki alergi terhadap roti.

5.  5.  Minum Minyak Zaitun
Minyak zaitun, yang tidak mudah diserap seperti air, dapat membantu menjaga tenggorokan tetap terhidrasi lebih lama, memudahkan pergerakan duri ikan keluar. Minum sedikit minyak zaitun dapat melumasi tenggorokan dan merangsang gerakan alami untuk mendorong duri ikan turun. Jika rasa minyak zaitun murni terlalu kuat, Anda bisa mencampurnya dengan air untuk memudahkan konsumsi.

     BACA JUGA:Bukan Dijilat Setan, Ini 7 Alasan Kenapa Muncul Memar di Tubuhmu, Berikut Cara Mengobatinya

6.  6.  Minum Minuman Bersoda
Menurut Practo, dokter THT sering merekomendasikan minuman bersoda untuk membantu mengatasi makanan yang tersangkut di tenggorokan. Soda melepaskan gas saat berada di dalam perut, dan gas ini dapat membantu memecah duri ikan serta mendorongnya keluar dari tenggorokan.

7.  8.  Minum Cuka
Menurut penjelasan dari Healthline, cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu melarutkan dan melembutkan duri ikan, sehingga lebih mudah untuk ditelan. Anda bisa mencampurkan 2 sendok makan cuka ke dalam satu cangkir air dan meminumnya, atau coba konsumsi 1 sendok makan cuka sari apel secara langsung untuk membantu mengatasi duri ikan yang tersangkut di tenggorokan.

8.  9.  Makan Marshmallow
Marshmallow yang memiliki tekstur lembut dan lengket dapat membantu mendorong dan mengeluarkan duri ikan yang mungkin tersangkut di tenggorokan. Sama seperti nasi, roti, atau pisang, marshmallow dapat membantu menyelubungi dan mengangkat duri ikan saat ditelan, sehingga memudahkan duri tersebut untuk keluar dari tenggorokan.

9.   10.  Minum Milkshake Kental atau Smoothie
Mengonsumsi milkshake atau smoothie dengan tekstur yang kental bisa membantu mendorong duri ikan ke dalam tenggorokan.

     Metode ini akan lebih efektif jika diminum dengan sedikit usaha untuk menelan paksa. Selain itu, minuman yang dingin juga dapat memberikan efek menenangkan pada iritasi tenggorokan yang mungkin terjadi akibat duri ikan.

1.  11. Berkumur dengan Air Garam
Berkumur dengan air garam bisa sangat efektif untuk mengatasi duri ikan yang tersangkut di bagian atas tenggorokan. Gerakan berkumur dapat membantu mengontraksikan dan merelaksasi otot-otot tenggorokan, memungkinkan duri ikan untuk lepas secara alami.

     BACA JUGA:Simak 5 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Para Orangtua Sebelum Mengajak Bayi Berenang

Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, aduk hingga garam larut, kemudian berkumurlah selama sekitar 30 detik sebelum meludahkannya. Ulangi proses ini beberapa kali sampai Anda merasa lebih nyaman. Selain itu, air garam juga dapat membantu meredakan iritasi atau peradangan yang disebabkan oleh duri ikan.

Jika cara diatas tidak membantumu, dan duri ikan masih saja menyangkut ditenggorokanmu kamu bisa membiarkan duri ikan menyangkut di tenggorokanmu. Meskipun duri ikan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan goresan, kadang-kadang Moms hanya merasakan goresan saat duri ikan melewati perut.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: