Sering Jadi Pertanyaan, Pada Usia Berapa Anak Boleh Diajarkan Bernang?

Sering Jadi Pertanyaan, Pada Usia Berapa Anak Boleh Diajarkan Bernang?

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Bukan Cuma orang dewasa, anak-anak juga suka main air. Bila bosan main air saat mandi, ada kalanya sesekali anak dibawa ke kolam renang. Kolam renang menjadi taman air baru yang disukai anak. Tapi, orangtua harus ekstra waspada saat membawa anak ke kolam renang.

Dibalik keseruannya, ada bahaya yang mengintai buah hati kita di kolam renang, mulai dari kemungkinan terpeleset, sampai tenggelam. Oleh karenanya orangtua harus ekstra waspada mengawasi anak saat berenang.

BACA JUGA:Tak Perlu Cemas, Berikut Tips Mengatasi Wajah Bruntusan Karena Penggunaan Skincare

Meski demikian, jangan sampai hal tersebut membatasi keceriaan anak untuk main di kolam renang. Untuk mensiasati bahaya tersebut, orangtua perlu mengajarkan anak berenang sejak usia dini.

Mengutip dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat, 40% kasus tenggelam terjadi pada anak usia 1-4 tahun, dan paling sering terjadi di kolam renang. Untuk mencegah hal ini, penting banget mengajarkan anak berenang sejak dini. Jadi, Mama perlu mempertimbangkan untuk mulai mengajari si kecil berenang sedari awal.

Pada Umur Berapa Anak Boleh Diajarkan Berenang?

Membahas hal tersebut, ada banyak pendapat tentang kapan waktu yang pas buat ngajarin anak berenang. Terri Lees, instruktur dari Palang Merah Amerika Serikat, bilang kalau anak mulai bisa belajar berenang pas usia 4-5 tahun. Alasannya, di usia ini anak udah mulai bisa ngerti apa yang diajarin pelatih, baik itu soal kedalaman air, teknik berenang, atau risiko yang bisa terjadi kalau ada kecelakaan waktu berenang.

Pendapat ini juga didukung sama Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat yang bilang kalau anak-anak udah bisa mulai diajarin berenang dari usia empat tahun. Tapi, anak juga bisa mulai dikenalin sama air sejak usia 1-2 tahun supaya nggak takut sama air. Karenanya, ada beberapa anak yang emang takut air karena berbagai alasan. Kegiatannya pun harus yang sederhana, kayak ngajak anak nyanyi lagu-lagu favorit atau main game simpel di air, misalnya main ciprat-cipratan air.

BACA JUGA:Simak 5 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Para Orangtua Sebelum Mengajak Bayi Berenang

Kemudian saat anak berumur 3-4 tahun, dia bisa diajarin berenang dengan cara sederhana seperti lewat permainan yang butuh gerak tangan atau kaki. Misalnya, melempar bola di kolam atau menendang air. Permainan ini bisa bantu anak melatih kekuatan tubuh buat berenang.

Ketika anak udah lebih dari empat tahun, dia udah mulai bisa diajarin berenang beneran. Di tahap ini, anak bisa belajar koordinasi gerakan tubuh yang diperlukan buat berenang sendiri.

Biar lebih aman, Mama bisa daftarin si kecil les renang di sekitar lingkungan Mama. Kalau Mama pengen ngajarin sendiri tanpa kursus, juga nggak masalah, asal Mama bener-bener bisa ngajarin. Yang penting, selalu awasi anak waktu dia lagi belajar berenang, jangan biarkan dia sendirian.

Kemampuan berenang anak itu penting banget buat keselamatannya di masa depan. Jadi, yuk ajarin anak berenang dari kecil!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: