Jawab Tantangan, Unsika Gelar Rapat Kerja PPID

Jawab Tantangan, Unsika Gelar Rapat Kerja PPID

Wakil Rektor III Bidang Kamahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni Unsika, Dr. H. Amirudin, M.Pd.I (kiri), menyaksikan penyerahan cendera mata secara simbolis dari Koordinator Humas Unsika Dr. Eka Yusup, M.I.Kom (tengah) kepada narasumber Humas Dikti Kemendikb--Humas unsika

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) menggelar Rapat Kerja Bidang Kerjasama, Kehumasan, dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk tahun 2024. Kegiatan ini dihadiri 86 peserta dari berbagai elemen, termasuk Kepala Bagian Tata Usaha, PPID, dan Person In Charge (PIC) Bidang Kehumasan.

Acara yang sedianya berlangsung maraton selama tiga hari berturut-turut (03-05/09/2024), dibuka Dr. H. Amirudin, M.Pd.I., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, di Hotel Mercure, Karawang, Selasa pagi (03/09/2024. 

BACA JUGA:Komitmen Aep Syaepulloh Pertahankan Lahan Pertanian di Karawang

Dr. Amirudin, M.Pd.I menekankan pentingnya peningkatan peran Kehumasan dan PPID di Unsika, untuk memperkuat citra universitas. “Peran kehumasan di Unsika harus diperkuat agar ke depan mampu menyebarkan lebih banyak berita positif yang dapat diterima masyarakat, sehingga branding Unsika semakin kuat dan baik,” ujarnya. 

Selain kehumasan, Dr. Amirudin, M.Pd.I menekankan pentingnya meningkatkan kinerja PPID. Menurutnya, Unsika pernah meraih peringkat lima dengan kategori cukup informatif tingkat nasional dalam pencapaian kinerja IKU 6.

“Namun, belakangan menurun jadi tidak informatif. Makanya, tahun ini kita kembali kejar ke peringkat cukup informatif, bahkan menjadi lebih informatif,” tegasnya. 

BACA JUGA:Gelar Rapur, DPRD Karawang Umumkan Pimpinan Baru untuk Masa Jabatan 2024-2029

Rapat kerja menghadirkan tiga pemateri utama yang masing-masing memberikan wawasan mendalam mengenai PPID, Kehumasan dan Kerjasama.

Pemateri pertama, Syawaludin, M.H., Ketua Bidang Komisioner Penyelesaian Sengketa Informasi Komisi Informasi Pusat (KIP), memaparkan sosialisasi mengenai PPID.  Syawaludin, M.H., menegaskan kesiapan Komisi Informasi Pusat (KIP) untuk mendukung Unsika dalam meningkatkan peringkat keterbukaan informasi. 

“Kami dari Komisioner KIP siap membantu Unsika meningkatkan peringkat menuju informatif. Namun, untuk membahas lebih lanjut, diperlukan forum khusus yang lebih intens, terutama terkait informasi yang dikecualikan," ujarnya.

BACA JUGA:Kejurcab Taekwondo Antarunit Se-Kabupaten Karawang 2024, Siswa MI Al I’anah Kosambi Raih Tiga Medali

Pemateri kedua, Dinna Handini, S.Sos., M.I.Kom., dari Pranata Humas Direktorat Jenderal Dikti Kemendikbudristek, menyampaikan materi sosialisasi peran, fungsi, dan tata kelola humas.

Ia, menekankan pentingnya humas dalam sebuah lembaga. Bahkan, ia menggarisbawahi setiap individu memiliki potensi untuk menjadi humas, asalkan mereka bersedia belajar dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan. 

“Humas merupakan lembaga yang saat ini sangat diperlukan. Setiap orang bisa menjadi humas asalkan mau belajar. Posisi humas itu dekat dengan para pimpinan selaku penentu kebijakan atau pengambl keputusan. Jadi memang sangat strategis dan penting posisinya,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: