6 Tips Menghindari Dampak Buruk Handphone bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

6 Tips Menghindari Dampak Buruk Handphone bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

menghindari dampak buruk hp--picture by kids.grid.id

Seperti yang kita ketahui, handphone memiliki banyak dampak positif bagi penggunanya. Kita akan bisa mengakes apa saja di handphone tersebut. 

Selain itu, handphone juga sebagai salah satu fasilitas penunjang kita untuk sekolah, kuliah, kerja, atau aktivitas lainnya. 

Namun, tahukah kamu bahwa handphone juga memiliki dampak negatif? Salah satunya bagi kesehatan. Tidak sedikit dari kita yang memiliki gangguan penglihatan karena faktor penggunaan handphone. 

Dampak negatif ini akan terjadi jika kita salah dalam menggunakan handphone. Maka dari itu, simak artikel kali ini untuk mencari tahu beberapa tips yang bisa kita lakukan agar terhindari dari dampak buruk handphone yang akan mengancam kesehatan. 

Tips Agar Terhindar dari Dampak Buruk Handphone bagi Kesehatan

1. Batasi Waktu Penggunaan 

Cobalah untuk membatasi penggunaan handphone hanya pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, atur waktu untuk menggunakan handphone dan hindari penggunaan yang berlebihan, terutama saat menjelang tidur. Ini dapat membantu mengurangi risiko gangguan tidur dan kelelahan mata.

BACA JUGA:Inilah 5 Alasan Kuat Mengapa Hanphone Dapat Mengganggu Kesehatan Tubuh

2. Matikan Handphone Sebelum Tidur  

Usahakan untuk mematikan handphone setidaknya 30 menit sebelum tidur. Ini akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda dan mengurangi paparan cahaya biru yang dapat mengganggu irama sirkadian tubuh.

3. Jaga Jarak dari Layar

Saat menggunakan handphone, pastikan untuk menjaga jarak yang cukup dari layar. Ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada mata dan mencegah masalah penglihatan jangka panjang.

4. Gunakan Mode Malam atau Filter Cahaya Biru 

Aktifkan mode malam atau gunakan aplikasi yang dapat memfilter cahaya biru pada handphone Anda. Ini dapat membantu mengurangi dampak negatif dari cahaya yang dipancarkan oleh layar, terutama saat digunakan di malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: