Tips Mudah Mengolah Hati Ayam Anti Bau Anyir yang Harus Kamu Tahu

Tips Mudah Mengolah Hati Ayam Anti Bau Anyir yang Harus Kamu Tahu

Cara mengolah hati ayam anti bau anyir--picture by sajiansedap.grid.i

Ayam adalah hewani yang bisa dimanfaatkan dagingnya menjadi makanan kaya akan protein. Maka tidak heran jika semua orang sangat menyukai daging ayam. 

Selain dagingnya, ada beberapa bagian tubuh ayam juga yang bisa dijadikan olahan makanan lho. Salah satunya adalah hati ayam. 

Hati ayam bisa diolah menjadi beberapa resep makanan. Mulai dari hati ayam goreng, hati ayam rica-rica, dan masih banyak lagi. 

Namun, sebagian orang juga ada yang tidak menyukai hati ayam karena faktor satu dan lainnya. Salah satunya karena bau anyir pada hati ayam yang terkadang masih menyengat saat dimasak.

Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mengolah hati ayam yang enak tanpa bau anyir yang menempel. Yuk simak selengkapnya di bawah ini. 

BACA JUGA:Rahasia Ayam Bakar Bisa Enak, Ternyata Ini Cara Marinasi Ayam yang Tepat

Tips Mengolah Hati Ayam Anti Bau Anyir

Mengolah hati ayam agar tidak berbau amis bisa dilakukan dengan beberapa cara yang sederhana namun efektif. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

1. Pembersihan Awal  

Setelah membeli hati ayam, langkah pertama adalah mencucinya dengan air bersih. Pastikan untuk membersihkan semua bagian, termasuk menghilangkan lemak putih yang menempel dan empedu, jika ada, agar tidak menambah rasa pahit.

2. Teknik Blanching

Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi bau amis adalah dengan melakukan blanching. Caranya, rebus hati ayam dalam air mendidih selama sekitar 10 detik hingga muncul buih di permukaan. Anda bisa menambahkan rempah aromatik seperti daun salam, daun jeruk, atau serai ke dalam air rebusan untuk memberikan aroma yang lebih sedap. Setelah itu, buang air rebusan dan cuci hati ayam di bawah air mengalir.

BACA JUGA:Menyegarkan, Ini Resep Membiat Ayam Bumbu Rujak Yang Wajib Moms Recook

3. Merendam dengan Susu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: