Punya Kaki Pendek dan Jadi Peliharaan Favorit banyak orang, Intip 7 Fakta Menarik Kucing Munckin

Punya Kaki Pendek dan Jadi Peliharaan Favorit banyak orang, Intip 7 Fakta Menarik Kucing Munckin

Kucing Munckin--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Jangan ngaku pecinta kucing kalau kamu gak tau kucing unik yang satu ini! Munckin menjadi salah satu jenis kucing yang punya karakteristik dan kepribadian unik. Munckin punya ciri khusus yang khas yang membedakannya dari kucing lain.

BACA JUGA:Apakah Kucing Boleh Makan Roti? Yuk Tengok Efek Samping dan Risikonya

Salah satu ciri unit tersebut terutama pada tubuhnya yang kecil dan kaki yang pendek. Dengan kakinya yang pendek dan kuping yang cenderung kecil, munckin layaknya “lomtong” berjalan yang punya Kaki dan tangan. Tidak aneh jika Munchkin terlihat sangat menggemaskan dan menjadi favorit di kalangan penggemar hewan peliharaan. Namun, di balik penampilannya yang lucu, terdapat berbagai fakta menarik tentang kucing ini. Penasaran? Simak informasinya di bawah ini !

Fakta Menarik Tentang Munchkin Cat

1.      Hasil Mutasi Genetik
Tubuhnya yang pendek merupakan efek dari gen keluarga. Kucing Munchkin memiliki bentuk tubuh yang khas akibat mutasi genetik, yang membuat kaki mereka lebih pendek dibandingkan dengan kucing lainnya. Sayangnya, mutasi ini dianggap kontroversial karena bisa menimbulkan risiko kesehatan bagi kucing munckin.

2.      Ada Sejak 1940-an
Jenis kucing dengan sejarah Panjang nan menarik. Karena Kucing Munchkin pertama kali dikenal pada tahun 1944 di Inggris. Meskipun mereka terlihat mirip dengan kucing lainnya, perbedaan terletak pada kaki mereka yang pendek.

3.      Menghilang Selama Perang Dunia II
Ditemkan sejuak tahun 1090an, munckin sempat menghilangSelama Perang Dunia II loh.  Usut punya usut kucing Munchkin sempat menghilang dari perhatian publik dan baru muncul kembali di Rusia pada tahun 1956 serta di Amerika Serikat pada tahun 1970-an. Kira-kira apa yang terjadi ya?

4.      Dianggap Kontroversial
Meski mulai dikenal luas pada tahun 1991 setelah diperkenalkan oleh The International Cat Association (TICA), kucing Munchkin masih dianggap kontroversial oleh beberapa kalangan karena ukuran taubunya yang mungil. Beberapa ahli khawatir bahwa mutasi genetik ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kucing.

5.      Tidak Diakui oleh Beberapa Asosiasi Pecinta Kucing
Buntut dari kontroversial tersebut, mengakibatkan beberapa asosiasi pecinta kucing, seperti Cat Fancier's Association dan Fédération Internationale Féline (FIFe), belum mengakui kucing Munchkin sebagai ras resmi. Mereka khawatir jika ras tersebut bisa mengakibatkan gangguan Kesehatan bagi tubuh di kucing.

6.      Munckin Punya Banyak Mitos yang Menarik
Ada banyak mitos mengenai kucing Munchkin, seperti anggapan bahwa mereka tidak bisa berjalan atau berlari dengan baik karena kaki pendeknya. Nyatanya, pernyataan ini salah besar loh. Meski punya ukuran tubuh yang pendek, kucing Munchkin tetap aktif dan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti kucing lainnya loh.

7.      Primadona di Kalangan Pecinta Kucing
Punya ukuran tubuh yang mungil, munckin banyak jadi incaran kucing peliaraan. Walaupun masih menjadi topik kontroversial, kucing Munchkin tetap menjadi favorit di kalangan pecinta kucing. Penampilan mereka yang menggemaskan, dengan kaki pendek dan tubuh kecil, membuat mereka sangat diminati sebagai hewan peliharaan.

8.      Jenis Kucing dengan Umur yang Panjang
Perlu kamu tau, Kucing Munchkin dapat hidup lebih dari 15 tahun dengan kondisi kesehatan yang baik. Namun, mereka memiliki risiko lebih tinggi terhadap masalah kesehatan tertentu, seperti lordosis, yaitu kelainan pada tulang belakang.

9.      Pecahkan Rekor Dunia
Kucing Munchkin bernama Lilieput memegang rekor dunia sebagai kucing Munchkin tertinggi, dengan tinggi mencapai 13,34 cm dari bahu ke lantai. Rekor ini tercatat dalam Guinness World Records.

10.  Cocok Banget Jadi Hewan Peliharaan
Munchkin cat dikenal sebagai kucing yang sabar dan ramah, sehingga sangat cocok menjadi hewan peliharaan, terutama bagi keluarga dengan anak-anak.

Harga Munchkin Cukup Mahal di Pasaran
Kucing Munchkin termasuk salah satu ras kucing yang mahal, dengan harga berkisar antara Rp3.700.000 hingga Rp7.000.000. Meskipun harga perawatannya mirip dengan kucing pada umumnya, penting untuk memantau kesehatan Munchkin cat secara rutin dengan pemeriksaan ke dokter hewan untuk menjaga kesehatannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: