Benarkah Makan Pedas Bisa Sebabkan Usus Buntu? Ini Faktanya!

Benarkah Makan Pedas Bisa Sebabkan Usus Buntu? Ini Faktanya!

Benarkah Makan Pedas Bisa Sebabkan Usus Buntu?-(Pixabay/darneuemann)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Banyak orang beranggapan bahwa makan makanan pedas dapat menyebabkan usus buntu. Namun, apakah ini benar?

 

Usus buntu adalah sebuah "kantong kecil" yang melekat pada usus besar, dan penyumbatan bisa terjadi di sini. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa berbahaya dan biasanya memerlukan operasi. Usus buntu dapat menyerang siapa saja, meskipun paling sering terjadi pada orang berusia 10 hingga 30 tahun, seperti disebutkan dalam Journal of The American Academy of Physician Assistants

 

Lalu, benarkah makan pedas bisa sebabkan usus buntu? Yuk simak faktanya berikut ini!

BACA JUGA:Gina Fadlia Swara: Sosok KDM membawa Semangat Kemenangan

 

Gejala Awal Usus Buntu

 

Sebelum mengetahui peyebab usus buntu, ketahui gejala awal usus buntu berikut ini!

 

Gejala awal biasanya meliputi nyeri perut yang dimulai di sekitar pusar atau ulu hati, lalu berpindah ke sisi kanan bawah perut.

 

Gejala lainnya termasuk kehilangan nafsu makan, mual, muntah, dan demam. Pada kondisi akut, penderita mungkin mengalami demam tinggi, mual, muntah, dan nyeri di perut kanan bawah. Sementara pada kondisi kronis, gejala mirip dengan sakit maag, seperti nyeri ringan di sekitar pusar dan demam yang muncul dan hilang.

 

Menurut  University of Maryland Medical Center, jika infeksi tidak segera diobati, usus buntu bisa pecah, menimbulkan risiko yang lebih serius.

 

Banyak orang beranggapan bahwa makan makanan pedas dapat menyebabkan usus buntu, terutama jika mengonsumsi sambal atau menelan biji cabai utuh. Namun, secara medis, makan pedas tidak secara langsung menyebabkan usus buntu.

BACA JUGA:Ternyata Hal Ini Akan Terjadi Jika Kamu Memiliki Kondisi Mata yang Kering

 

Penyebab Usus Buntu

 

Usus buntu, atau dikenal juga dengan apendisitis, terjadi karena peradangan pada apendiks vermiformis. Apendiks adalah kantong kecil berukuran 5–10 cm yang terletak di awal usus besar, di sisi kanan bawah perut.

 

Peradangan ini bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti penyumbatan di apendiks, infeksi, atau cedera perut. Penyebab utama usus buntu adalah penyumbatan, yang dapat dipicu oleh tinja yang mengeras (appendicolith), infeksi, atau pembengkakan jaringan limfoid. Ketika terjadi penyumbatan, bakteri berkembang biak, menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

 

Cedera pada perut, seperti luka tusuk atau kecelakaan, juga dapat memicu apendisitis.

 

Apakah mengonsumsi makanan pedas bisa sebabkan usus buntu?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: