Bupati Karawang Terima Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UMKM

Bupati Karawang Terima Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UMKM

Pemerintah Pusat Nilai Bupati Karawang Sukses Hidupkan UMKM-KBE-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Bupati Karawang, H Aep Syaepulloh SE belum lama ini meraih Penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UMKM Kategori Pejabat Negara dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. Penghargaan itu diberikan kepada Bupati Karawang karena dianggap sukses membina dan mengembangkan koperasi dan UMKM di kota pangkal perjuangan. Bahkan, Haji Aep juga mendapat julukan Bapak UMKM Karawang karena dedikasi dan keseriusannya dalam mengangkat potensi ekonomi akar rumput. 

Penghargaan tersebut diberikan Mentri Koperasi dan UKM Teten Masduki kepada H Aep Syaepulloh yang diwakili Pj Sekda Karawang, Eka Sananta dalam acara Puncak Hari UMKM Nasional tahun 2024 di Hall Jakabaring Sport, Palembang, Sumatera Selatan, pada Kamis (5/8) kemarin. 

Tanda jasa ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Menteri Koperasi dan UKM RI kepada Bupati Karawang Aep Syaepulloh karena telah berperan aktif dalam memajukan koperasi serta UMKM di Karawang, Jawa Barat. 

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki dalam sambutannya mengapresiasi peran para kepala daerah dalam mendukung program koperasi dan UKM di daerahnya masing-masing. “Penghargaan ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 243 Tahun 2024,” ucap Teten dalam keterangannya, dikutip Minggu (8/9). 

BACA JUGA:Puluhan Kiyai Muda, Ustad dan Gus Karawang Deklarasikan Dukungan untuk Paslon Aep-Maslani di Pilkada 2024

BACA JUGA:Ultraman Arc Episode 9 Sub Indo: ''Goodbye, Rin'', Sinopsis dan Tempat Nonton

Teten mengatakan, pihaknya terus mendorong alokasi 40 persen anggaran Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk belanja produk dalam negeri (PDN). “Sebanyak 99% pelaku usaha di Indonesia adalah UMKM yang kontribusinya terhadap PBB sekitar 61% dan 97% lapangan kerja di Indonesia disediakan oleh UMKM. Karena itu, pemerintah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pelaku UMKM para penggerak UMKM yang sudah begitu besar kontribusinya kepada negara,” ungkap Mentri Teten. 

Sementara Bupati Karawang, Aep Syaepuloh menyampaikan bahwa penghargaan tersebut tentunya menjadi motivasi tersendiri bagi jajarannya untuk terus melakukan beragam inovasi dalam mengembangkan koperasi dan UKM. “Terimakasih kepada Menteri Koperasi dan UKM Bapak Teten Masduki. Penghargaan ini tentu menjadi motivasi bagi kami agar semakin aktif dalam memajukan koperasi dan UKM,” jelasnya.

Disisi lain,  Kepala Dinkop UKM Karawang Dindin Rachmadhy menyebut, penghargaan yang diraih Bupati Karawang ini akan menjadi pelecut semangat bagi pelaku koperasi dan UMKM di Karawang untuk berbuat lebih baik.

Kata Dindin, sesuai instruksi Bupati Karawang Aep Syaepulloh, pengembangan koperasi dan UMKM di Karawang harus dilaksanakan dengan prinsip kolaborasi dan sinkronisasi program. Ia optimistis, dengan cara ini, ekonomi Karawang tidak hanya bergantung pada satu sektor, tetapi juga bisa pada koperasi dan UMKM. "Langkah ini akan mendorong percepatan roda ekonomi di Karawang dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

BACA JUGA:Dikabarkan Menghilang, Lansia Berusia 90 Tahun Ditemukan Tinggal Kerangka di Lahan Kosong Bekasi

BACA JUGA:Kamen Rider Gavv Episode 2 Sub Indo, Sinopsis dan Tempat Nonton

Di era kepemimpinan Aep, pelaku koperasi dan UMKM mendapatkan banyak kesempatan untuk mengembangkan usahanya. Sejumlah program strategis terbukti sukses dan kini membawa pelaku koperasi dan UMKM di Karawang naik kelas.

Beberapa program andalan Bupati Karawang seperti program bantuan barang untuk pelaku UMKM, bantuan perizinan dan legalitas usaha, program bantuan pinjaman lunak, hingga fasilitasi sertifikasi hak atas tanah (SHAT) bagi koperasi dan UMKM telah dirasakan manfaatnya oleh semua pihak. (wyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: