Suzuki dan Harosa Komit Tekan Stunting di Kabupaten Bekasi

Suzuki dan Harosa Komit Tekan Stunting di Kabupaten Bekasi

Suzuki dan Harosa Komit Tekan Stunting di Kabupaten Bekasi-Cikarang Ekspress-karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Pemerintah Kabupaten Bekasi, terus berupaya meningkatkan kolaborasi dengan pihak swasta dalam rangka menekan angka stunting. Satu diantaranya kolaborasi dengan PT Suzuki Indomobil Motor dan PT Harosa Darma Nusantara.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Jaoharul Alam mengatakan, penanganan stunting akan lebih maksimal apabila didukung sejumlah elemen masyarakat termasuk dunia usaha seperti kegiatan edukasi serta pemberian makanan tambahan kepada warga sasaran program.

"Apresiasi sebesar-besarnya kepada PT Suzuki Indomobil Motor dan PT Harosa Darma Nusantara yang turut andil dalam upaya menurunkan prevalensi stunting karena pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri untuk mendapatkan hasil optimal," kata Jaoharul Alam kepada Karawang Bekasi Ekspres, Senin (9/9).

Jaoharul Alam mengungkapkan sedikitnya 4.000 anak di Kabupaten Bekasi masuk kategori stunting. Sehingga butuh kontribusi segenap elemen terkait agar penanganan dapat dilakukan secara optimal mengingat alokasi pembiayaan daerah tidak mampu menjangkau seluruh aspek penanganan.

BACA JUGA:Hari Pelanggan Nasional 2024, JNE Berikan Promo Diskon Ongkir Hingga 50%

"Apabila hanya mengandalkan APBD tidak mungkin terjangkau semua dari mulai pengobatan, pemberian gizi, hingga pemberian makanan tambahan. Mudah-mudahan dengan kolaborasi ini, penanganan stunting di Kabupaten Bekasi ke depan hasilnya bisa lebih maksimal," kata dia.

Kegiatan penanganan kasus tumbuh kembang anak kali ini menyasar warga Kecamatan Cikarang Pusat, diisi dengan seminar kesehatan dirangkaikan pemeriksaan kesehatan gratis, pemberian makanan tambahan, hingga bantuan sarana dan prasarana penunjang kebutuhan perbaikan gizi anak.

Sejumlah elemen masyarakat turut hadir dalam kegiatan ini mulai dari masyarakat sekitar area sasaran program, Camat Cikarang Pusat Edward Sutarman, perwakilan Kawasan Industri GIIC, Ketua dan Anggota PKK Kecamatan Cikarang Pusat, Kepala Puskesmas Sukamahi, Kepala Desa Sukamahi beserta jajaran.

Kepala Departemen General Affair PT Suzuki Indomobil Motor Gunardi Prakosa mengatakan, perusahaan bersama PT Harosa Darma Nusantara berkomitmen membantu pemerintah daerah untuk mendorong penurunan angka stunting di Kabupaten Bekasi, khususnya di area sekitar perusahaan.

BACA JUGA:PKS Gelar Apel Siaga Pilkada 2024, Bergerak Untuk Kemenangan Aep-Maslani

Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui seminar kesehatan tentang stunting bekerja sama dengan RS EMC Cikarang. Seminar ini bertujuan memberikan edukasi dan pengetahuan kepada masyarakat, terutama para orang tua dan calon orang tua.

Selain itu juga dilaksanakan program pemberian makanan tambahan (PMT) serta pendampingan selama tiga bulan ke depan bagi 164 anak yang terindikasi stunting di wilayah Kecamatan Cikarang Pusat.

Gunardi menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang bertujuan untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

"Jadi sebenarnya Suzuki itu kan selalu melakukan CSR secara rutin di berbagai daerah dan konsep utamanya yaitu untuk menciptakan sustainability (keberlanjutan) kegiatan operasional bisnis dengan memperhatikan kepentingan ekonomi sosial dan lingkungan," katanya didampingi Direktur Utama PT Harrosa Darma Nusantara Hartono M Fadli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: