5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengolah Cumi Menjadi Makanan Enak dan Lezat

5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengolah Cumi Menjadi Makanan Enak dan Lezat

cara mengolah cumi--picture by cookpad.com

Cumi adalah makhluk hidup yang ada di laut dan bisa diolah menjadi makanan. Cumi bisa diolah berbagai menu masakan, mulai dari cumi goreng, cumi bakar, atau sebagai tambahan toping pada makanan tertentu. 

Namun, sebagian orang mungkin saja tidak menyukai makanan ini karena tidak nyaman dengan cairan hitam seperti tinta yang di dalam cumi.

Maka dari itu, ketika mengolah cumi sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Mulai dari pemilahan, pembersihan, hingga cara memasak. 

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak pembahasan di bawah ini mengenai cara mengolah cumi menjadi masakan paling enak dan nikmat.

BACA JUGA:Viral Mie Cumi Laut Pedas Rosa Meldianti, Inilah Resep Ala Rumahan yang Bisa Kamu Coba

Tips Mengolah Cumi Menjadi Masakan

Mengolah cumi menjadi masakan yang lezat dan empuk memerlukan perhatian khusus. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

1. Pemilihan Cumi yang Segar  

Pastikan untuk memilih cumi yang segar. Cumi yang segar biasanya memiliki warna cerah dan tidak berbau amis. Cumi yang sudah tidak segar dapat mempengaruhi rasa dan tekstur masakan.

2. Pembersihan yang Benar 

Cuci cumi dengan bersih untuk menghilangkan kotoran dan bau amis. Pastikan untuk membuang kantung tinta dan bagian dalamnya dengan hati-hati. Mencuci cumi dengan air yang mengalir dapat membantu menghilangkan bau amis.

BACA JUGA:5 Tips Mengolah Cumi agar Bersih dan Tidak Bau Anyir: Suatu Langkah agar Masakanmu Semakin Lezat

3. Durasi Memasak

Durasi memasak cumi sangat penting. Cumi sebaiknya tidak dimasak terlalu lama karena dapat membuatnya menjadi alot. Memasak cumi selama 3-5 menit sudah cukup untuk mendapatkan tekstur yang empuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: