Tips and Trik 7 Cara Mudah Bikin Gorengan yang Sedikit Nyerap Minyak

Tips and Trik 7 Cara Mudah Bikin Gorengan yang Sedikit Nyerap Minyak

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Gorengan punya banyak penikmat bagi setiap kalangan. Rasanya yang enak dengan harga yang terjangkau, membuat siapapun suka makan gorengan. Baik sebagai camilan, cocolan, sampai jadi menu pendamping nasi. Kamu bisa menemukan berbagai jenis gorengan, mulai dari rasa manid, asin sampai pedas.

Tapi, satu masalah yang sering jadi alasan mengapa gorengan tidak boleh dikonsumsi berlebihan yakni karena minyak yang terkadnung di dalamnya. Gorengan dimasak menggunakan minyak yang panas, dari proses penggorengan tersebut banyak endapan minyak yang tersimpan dan masih menempel pada gorengan.

BACA JUGA:Harga Hamster di Pasar Hewan, Berdasarkan Tipe dan Jenisnya

Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan itu buruk bagi Kesehatan. Jika terlalu sering makan gorengan kamu bisa batuk, dan sakit tenggorokan. Oleh karenanya kandungan minyak pada gorengan perlu dikurangi. Lantas ada gak sih cara khusus untuk mengurangi sisa minyak yang menempel pada gorengan? Nah… berikut ini solusinya :

Tips agar Gorengan Tidak Menyerap Minyak

Gorengan yang rendah minyak bukan hanya baik untuk Kesehatan tapi juga bisa menghemat penggunaan minyak goreng di rumah. Cara ini juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam Gorengan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips agar gorengan tidak menyerap minyak!

1.    Goreng dalam Minyak Panas

Tips pertama adalah menggoreng menggunakan minyak yang sudah panas. Gorengan yang dimasukkan ke dalam minyak panas tidak akan menyerap terlalu banyak minyak. Sebaliknya, jika minyak belum cukup panas saat gorengan dimasukkan, maka akan lebih banyak minyak yang terserap.

Untuk memeriksa apakah minyak sudah panas, celupkan sutil kayu ke dalam minyak; jika ada gelembung di sekitar sutil, berarti minyak sudah panas. Cara lain adalah dengan menuang sedikit adonan gorengan ke dalam minyak. Jika adonan langsung mengapung, tandanya minyak sudah siap.

2.    Hindari Mengangkat Gorengan Sebelum Kering

Tips terakhir adalah memastikan gorengan sudah benar-benar kering sebelum diangkat. Jika gorengan diangkat sebelum kering, adonan akan menyerap lebih banyak minyak. Pastikan kedua sisi gorengan sudah matang sempurna sebelum ditiriskan.

Setelah itu, tiriskan gorengan di atas piring yang dialasi tisu dapur untuk menyerap sisa minyak. Dengan cara ini, gorengan akan lebih sedikit mengandung minyak, dan minyak goreng yang digunakan juga lebih hemat.

3.    Gunakan Minyak Secukupnya

Tips selanjutnya adalah menggunakan minyak goreng secukupnya saja. Menggunakan terlalu banyak minyak justru akan membuat gorengan menyerap lebih banyak minyak. Bagaimana jika ingin menggoreng dengan metode deep fry? Kita bisa menyiasatinya dengan menggunakan wajan atau panci kecil.

Sehingga tetap bisa menggoreng dengan metode deep fry tanpa harus menggunakan terlalu banyak minyak. Namun, tentu saja, penggunaan wajan atau panci kecil berarti proses penggorengan akan memakan waktu lebih lama karena hanya bisa menggoreng dalam jumlah kecil.

4.    Hindari Penggunaan Adonan Tepung yang Berlebihan

Menggunakan banyak adonan tepung memang bisa membuat gorengan lebih renyah dan lezat. Namun, adonan tepung yang terlalu tebal juga menyebabkan gorengan menyerap lebih banyak minyak. Salah satu tips agar gorengan tidak menyerap banyak minyak adalah dengan mengurangi penggunaan adonan tepung.

BACA JUGA:Selektif Pilih Bak Mandi di Penginapan, Ini Perbedaan Bak Mandi Jacuzzi, Hot Tub dan Whirpoll

Jika ingin mendapatkan tekstur yang renyah dengan sedikit tepung, buat adonannya lebih encer atau goreng dalam minyak yang benar-benar sudah panas.

5.    Jangan Terlalu Sering Membolak-balik Gorengan

Tips selanjutnya adalah mengurangi frekuensi membalik gorengan. Sebaiknya, balik gorengan hanya 1-2 kali saat menggoreng. Biarkan bagian bawah gorengan mengering terlebih dahulu sebelum membaliknya.

Dengan begitu, kita tidak perlu membolak-balik gorengan terlalu sering. Jika khawatir gorengan gosong, cek bagian bawahnya untuk memastikan apakah sudah matang merata.

6.    Gunakan Soda Kue ke dalam adonan

Tips lain untuk mengurangi penyerapan minyak pada gorengan adalah dengan menambahkan soda kue pada adonan. Adonan tepung yang diberi soda kue akan melepaskan gelembung gas saat digoreng, sehingga mengurangi penyerapan minyak. Selain soda kue, kita juga bisa menggunakan baking powder atau cairan berkarbonasi untuk hasil yang serupa.

7.    Goreng Dengan Sedikit demi Sedikit

Agar gorengan tidak menyerap banyak minyak, sebaiknya goreng dalam jumlah sedikit saja. Jangan memasukkan terlalu banyak adonan ke dalam wajan sekaligus.

Menggoreng dalam jumlah banyak bisa membuat gorengan menyerap lebih banyak minyak, karena panas minyak akan terbagi di antara gorengan, menurunkan suhu minyak. Akibatnya, minyak lebih mudah terserap oleh adonan.

BACA JUGA:Berikut Harga Pasang Kolam Jazucci di Rumah, Serta Keuntungannya

Itulah beberapa tips agar gorengan tidak menyerap banyak minyak. Semoga informasi ini bisa membantu menghemat penggunaan minyak goreng dan menghasilkan gorengan yang tidak berminyak.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: