Moms Lakukan Cara Ini untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Persalinan Normal dan Caesar!

Moms Lakukan Cara Ini untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Persalinan Normal dan Caesar!

Lakukan Cara Ini untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Persalinan Normal dan Caesar-(Pixabay/Marjonhorn)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Luka persalinan, baik akibat persalinan normal maupun operasi caesar, membutuhkan perawatan khusus agar sembuh dengan baik. Biasanya, Luka ini akan mulai mengering dalam waktu sekitar 2 minggu.

Menjaga kebersihan luka adalah kunci utama untuk mempercepat proses penyembuhan, namun ada beberapa langkah tambahan yang bisa Ibu lakukan untuk memaksimalkan pemulihan.

Berikut cara untuk mempercepat penyembuhan luka persalinan, yuk simak!

BACA JUGA:Newborn Mom Wajib Konsumsi Ini! 8+ Buah untuk Memperlancar ASI bagi Ibu Menyusui

Perawatan Luka Persalinan Normal

Jika Ibu melahirkan secara normal, tentu ingin agar luka jahitan segera sembuh. Merawat luka dengan teliti sangat penting agar Ibu bisa kembali beraktivitas dengan nyaman. Berikut cara efektif untuk mempercepat pemulihan luka persalinan normal:

Memilih Pakaian Dalam yang Tidak Bergesekan dengan Luka

Untuk mencegah iritasi, Ibu sebaiknya menggunakan pakaian dalam berbahan lembut seperti katun yang tidak bergesekan dengan luka. Pakaian yang terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi udara di area vagina dan memperlambat proses penyembuhan. Sebaliknya, pakaian yang longgar membantu sirkulasi udara yang baik, sehingga luka lebih cepat mengering.

Mengonsumsi Makanan Kaya Protein dan Vitamin C

Protein berperan dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan regenerasi jaringan kulit dan otot yang terluka. Vitamin C membantu produksi kolagen, protein yang penting dalam pembentukan jaringan kulit dan otot. Untuk mencukupi kebutuhan protein dan vitamin C, Ibu bisa mengonsumsi makanan seperti ikan, daging ayam, dan buah jeruk.

BACA JUGA:Rekomendasi Sunscreen Aman Digunakan Anak Usia Sekolah, Berikut Harganya

Perawatan Luka Persalinan Caesar

Perawatan luka setelah operasi caesar memerlukan perhatian ekstra. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat penyembuhan luka akibat operasi:

Menggunakan Perban Tahan Air

Luka operasi lebih rentan terhadap kelembapan yang dapat memicu pertumbuhan bakteri dan menyebabkan infeksi. Untuk itu, gunakan perban tahan air yang melindungi luka dari air dan kelembapan. Biasanya, dokter menyarankan pemakaian perban ini selama 5-7 hari untuk membantu luka mengering dan menyatu kembali.

Mencukupi Kebutuhan Protein

Proses penyembuhan luka caesar lebih optimal jika Ibu mendapatkan asupan protein yang cukup. Prosedur operasi menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit dan otot, dan protein membantu mempercepat perbaikan jaringan tersebut. Dengan memenuhi kebutuhan protein, penyembuhan luka akan lebih cepat, menandakan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan membantu Ibu tetap bugar untuk merawat bayi.

Merawat luka dengan langkah-langkah yang tepat dapat mempercepat proses penyembuhan luka persalinan dan membantu Ibu kembali pulih lebih cepat.**

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: