12 Cara Merawat Rambut Supaya Sehat dan Kuat

12 Cara Merawat Rambut Supaya Sehat dan Kuat

12 Cara Merawat Rambut Supaya Sehat dan Kuat--Foto by Hynin Beauty

 

Merawat rambut agar sehat dan kuat memerlukan perawatan yang rutin dan menggunakan teknik serta produk yang tepat. Salah satu kandungan yang bagus untuk menguatkan akar rambut supaya kuat yaitu zinc. Selain itu, kandungan kemiri juga sangat bagus untuk membuat rambut menjadi lebih sehat dan kuat.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat secara rinci:

1. Memilih Shampo yang Tepat

Setiap jenis rambut membutuhkan shampo yang berbeda. Pilihlah shampo yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala kamu baik kulit kering, berminyak, ataupun normal. 

Tips yang bisa kamu lakukan yaitu jika kamu memiliki rambut kering, gunakan shampo yang mengandung pelembap. Untuk rambut berminyak, pilih shampo yang ringan dan dapat mengontrol produksi minyak. Jika kulit kepala kamu merupakan yang sensitif, maka pilih shampo yang bebas dari sulfat dan bahan kimia keras lainnya.

2. Menghindari Keramas Terlalu Sering

Terlalu sering mencuci rambut dapat menghilangkan minyak alami rambut, yang sebenarnya diperlukan untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut.

Kamu bisa melakukan beberapa tips yaitu dengan mencuxi rambut idealnya, cuci rambut 2-3 kali seminggu. Jika rambut kamu cenderung berminyak, bisa keramas lebih sering, namun hindari mencucinya setiap hari. Gunakan air hangat suam-suam kuku, bukan air panas, karena air panas dapat membuat rambut kering dan rapuh.

3. Menggunakan Kondisioner Secara Rutin

Setelah keramas, selalu aplikasikan kondisioner untuk melembapkan dan menghaluskan rambut. Kondisioner membantu menutrisi rambut dan mencegah kekeringan serta kerusakan.

Tipsnya oleskan kondisioner hanya pada batang rambut dan ujungnya, hindari kulit kepala untuk menghindari rambut berminyak. Biarkan kondisioner bekerja selama 3-5 menit sebelum dibilas.

4. Masker Rambut atau Perawatan Deep Conditioning

Secara rutin, berikan perawatan ekstra dengan menggunakan masker rambut atau deep conditioner untuk memberikan nutrisi mendalam. Perawatan ini membantu memperbaiki kerusakan dan menjaga rambut tetap kuat dan berkilau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: