Ganti Popok Sampai Bedakan, 5 Cara Mudah Bikin Bayi Harum Sepanjang Hari

Ganti Popok Sampai Bedakan, 5 Cara Mudah Bikin Bayi Harum Sepanjang Hari

Manfaat Tummy Time Bagi Bayi-(Foto/halodoc.com)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Punya kulit yang sensitive, perlu perawatan exstra dalam merawat kulit bayi agar tetap lembab harum. Bagaimana cara agar merawat bayi agar tetap harum sepanjang hari? Simak informasinya dibawah ini.

Merawat dan membesarkan bayi merupakan tugas dan tanggung jawab seorang ibu. Sehingga peran ibu dalam keluarga sangatlah besar bukan Cuma bagi suaminya tapi juga kepada anak anaknya. 

Perlu diketahui, bayi memiliki kelenjar keringat yang aktif dan kulit yang lebih tipis dibandingkan orang dewasa, sehingga mereka lebih mudah mengeluarkan aroma khas. Selain itu, pakaian dan popok yang digunakan juga dapat mempengaruhi bau yang muncul.

Sehingga para ibu harus memastikan bayi dalam keadaan bersih dan juga tetap harum. Selain penggunaan popok, para ibu juga perlu menjaga kulit bayi agar tetap bersih dan harum. Baik sebelum maupun setelah dimandikan.

BACA JUGA:Matang Secara Emosional, Ini Tips Mengembangkan Kecerdasan Emosional pada Anak

Ada berbagai jenis produk anak yang memberikan efek harum dan menyegarkan, aman jika digunakan pada kulit bayi yang sensitive. Berikut ini tips and trick perawatan kulit bayi agar tetap bersih dan harum meski sepanjang hari.

1. Mengganti popok setiap 3-4 jam sekali

Tips pertama agar bayi tetap wangi sepanjang hari adalah mengganti popok secara rutin. Selain mencegah munculnya bau yang tidak sedap dari fases dan urin yang dikeluarkan, langkah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan bayi.

Penggantian popok secara teratur juga membantu mencegah iritasi kulit, ruam popok, serta memastikan bokong bayi tetap steril dan kering. Sebaiknya, popok diganti setiap 3-4 jam atau lebih sering jika diperlukan untuk menjaga kulit bayi tetap kering.

Saat mengganti popok, bersihkan area popok bayi dengan lembut menggunakan tisu basah khusus bayi atau kapas yang dicelupkan dalam air hangat. Hindari penggunaan tisu yang mengandung alkohol atau pewangi yang berlebihan.

2. Mandikan Bayi 2 kali sehari

Memandikan bayi secara rutin adalah bagian penting dari perawatan harian untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya. Jika kondisi kulit bayi memungkinkan, mandi di pagi dan malam hari bisa dijadikan rutinitas harian.

Namun, penting untuk menggunakan sabun dan produk pembersih yang lembut khusus bayi dan tidak menggunakannya secara berlebihan. Setiap bayi memiliki kebutuhan kulit yang berbeda, jadi perhatikan reaksi kulit terhadap frekuensi mandi. Jika kulit bayi tampak kering atau mengalami iritasi, mungkin perlu menyesuaikan frekuensi mandinya sesuai kebutuhan.

3. Pilih sabun bayi yang tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih sabun yang tepat. Cara ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kelembutan kulit bayi. Pastikan untuk menggunakan sabun yang dirancang khusus untuk kulit sensitif bayi karena memiliki formula yang lembut.

Pilihlah sabun yang bebas dari pewangi dan bahan kimia yang bisa memicu iritasi. Kamu juga bisa memilih sabun dengan kandungan bahan alami seperti aloe vera, chamomile, calendula, atau oatmeal yang dikenal lembut bagi kulit bayi.

Hindari sabun dengan bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi atau alergi, seperti pewangi. Perlu diingat, aroma khas bayi berasal dari kebersihan dan kelembutan kulitnya, bukan dari pewangi yang kuat.

4. Pakai bedak setelah mandi

Penggunaan bedak setelah mandi dapat kelembutan ekstra pada kulit bayi dan memberikan aroma segar. Namun, pastikan untuk memilih bedak yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif bayi dan aman digunakan.

BACA JUGA:5 Hal Menarik tentang Isu Lolly Anak Nikita Mirzani: Adanya Ancaman Hukuman Bagi VB

Hindari bedak yang mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Beberapa orang juga menghindari bedak dengan talcum, karena ada risiko kesehatan terkait inhalasi partikel talcum.

Hindari pemakaian yang berlebihan, karena penggunaan yang terlalu banyak justru bisa menyebabkan iritasi atau masalah kulit lainnya.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Tips terakhir agar bayi tetap wangi sepanjang hari adalah memilih pakaian yang nyaman. Pilihlah pakaian bayi yang terbuat dari bahan lembut dan alami, seperti katun organik, yang membantu mencegah iritasi kulit dan memberikan kenyamanan ekstra.

Karena kulit bayi sangat sensitif, hindari pakaian yang bisa memicu alergi, seperti bahan atau pewarna tertentu yang mungkin menyebabkan reaksi. Selain itu, pilihlah pakaian dengan desain yang mudah dipakai dan dilepas, agar proses mengganti pakaian lebih mudah dan mengurangi stres pada bayi.

BACA JUGA:Perlu Pantau Tontonannya, Begini 5 Cara Mengatur Youtube untuk Anak

Dengan mengikuti cara ini, bayi akan merasakan nyaman beraktifitas dan tetaap wangi sepanjang hari. Namun, perlu diingat bahwa setiap bayi memiliki kondisi kulit dan kebutuhan yang berbeda. Jika bayi memiliki kulit sensitif atau mengalami reaksi negatif terhadap suatu produk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak atau ahli kesehatan untuk mendapatkan saran yang tepat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: