Mengenal Batik Karawang: Motif Citarum dan Motif Segedeng

Mengenal Batik Karawang: Motif Citarum dan Motif Segedeng

Batik Karawang--picture by batikkarawangblog.wordpress.com

Latar belakang keberadaan Batik Karawang didasarkan pada sejarah Batik Indonesia yang tercatat selama masa kolonial.

Batik yang dikenal dengan nama Batik Tarawang ini pernah dipamerkan pada tahun 1892 dalam pameran Batik Jawa di Amsterdam yang diselenggarakan oleh seorang seniman pelukis Belanda. 

Batik ini dibuat oleh komunitas etnis Tionghoa, khususnya keluarga Tan-Tjeng Kwat, pada tahun 1860 bersama dengan jenis batik lainnya.

Batik Tarawang (atau Batik Tarum) diproduksi oleh Ny. Vincea Hegen, istri dari pelukis Raden Saleh. Pada tahun 1931, seorang warga Belanda bernama Ir. PAI Mooyen yang tinggal di Bandung memimpin pameran produk dari Negara Hindia Belanda dan pernah mengoleksi Batik Karawang atau Batik Tarawang.

Koleksinya termasuk kain alas meja peribadatan untuk agama Buddha yang disebut Tok-wi. Koleksi batik milik Mooyen ini menjadi dasar untuk pengembangan produksi Batik Karawang lebih lanjut.

Berikut ini terdapat dua motif batik Karawang yang harus kamu ketahui, di antaranya ialah motif Citarum dan motif Segedeng. Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini. 

Batik Karawang Motif Citarum

Motif Batik Karawang terdiri dari berbagai hiasan yang memiliki makna simbolis dan filosofis. Salah satu hiasan tersebut adalah garis segitiga yang dikenal sebagai tumpal, yang melambangkan ketuhanan yang maha esa.

Selain itu, terdapat bunga tarum (bunga vidas) yang menjadi simbol untuk agama Hindu dan Buddha, yang diciptakan oleh para pembatik di Karawang.

Bulir padi dan lumbung padi juga menjadi lambang kemakmuran daerah Karawang. Motif garis dan bidang geometris mencerminkan simbolisme yang dimiliki oleh masyarakat suku Buni, yang merupakan penduduk asli Karawang. Garis gelombang laut melambangkan daerah pesisir yang memiliki laut.

Batik Karawang Motif Segedeng

Motif Batik Karawang yang bernama Sagedeng ini merupakan yang paling populer karena sangat mencerminkan kota Karawang sebagai "kota lumbung".

Meskipun belum ada kepastian mengenai bentuk spesifik Batik Karawang, Bale Batik Taza Karawang telah berhasil menciptakan setidaknya 16 desain batik yang terinspirasi oleh nuansa Karawang.

Itulah beberapa motif batik Karawang yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaay ya sobat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: