6 Rekomendasi Menu Makanan Tinggi Protein yang Cocok untuk Diet

6 Rekomendasi Menu Makanan Tinggi Protein yang Cocok untuk Diet

5 Rekomendasi Menu Makanan Tinggi Protein yang Cocok untuk Diet-(Pixabay/cattalin)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Saat menjalani program diet, penting untuk mengonsumsi makanan tinggi protein guna mengurangi produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar. Selain itu, protein juga membantu meningkatkan metabolisme, yang dapat mempercepat pembakaran lemak, sehingga berat badan menjadi lebih ideal.

Namun, saat memilih makanan berprotein tinggi, perlu diperhatikan kandungan lemaknya. Asupan lemak berlebih, terutama lemak jenuh, dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Oleh karena itu, pilihlah sumber protein yang rendah lemak agar diet kamu efektif dan mengurangi risiko penyakit.

Yuk simak rekomendasi menu makanan tinggi protein berikut ini!

BACA JUGA:Ubi Jalar Sampai Anggur, Menu Diet Artis Kpop ini Antimainstream, Ada yang Mau Coba?

Rekomendasi Menu Makanan Tinggi Protein

Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan berprotein tinggi yang rendah lemak, umumnya mudah ditemukan dan terjangkau:

Dada Ayam

Dada ayam memiliki kandungan protein lebih tinggi dan lemak lebih rendah dibandingkan bagian ayam lainnya. Dalam 100 gram dada ayam matang, terdapat sekitar 27 gram protein dan hanya 3 gram lemak.

Selain itu, dada ayam juga kaya akan vitamin B3, B6, selenium, dan fosfor. Untuk menjaga kandungan lemak tetap rendah, hindari mengolahnya dengan minyak atau mentega, dan pilih metode memasak seperti merebus, mengukus, atau memanggang.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Bagian daging sapi rendah lemak, seperti sirloin, merupakan pilihan baik untuk diet. Dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak, terkandung sekitar 20 gram protein dan 6 gram lemak.

Daging sapi juga mengandung zat besi, zinc, dan vitamin B yang penting untuk mencegah anemia. Untuk menjaga rendahnya kandungan lemak, sebaiknya daging diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus.

Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti sarden, lele, dan teri, merupakan sumber protein tinggi yang rendah lemak. Dalam 100 gram ikan sarden, terdapat sekitar 20 gram protein dan hanya 1,8 gram lemak. Ikan juga kaya akan omega-3, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, otak, dan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Bukan untuk Program Turunkan Berat Badan, Berikut Pro dan Kontra Diet Bebas Gluten

Putih Telur

Putih telur dikenal sebagai sumber protein tinggi dengan lemak sangat rendah. Dalam 100 gram putih telur, terkandung sekitar 11 gram protein dan hanya 0,27 gram lemak.

Putih telur juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti kalium, fosfor, dan magnesium, yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kacang-kacangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: