Ambil Program S2 dan S3, Jadi Jalan Terbaik Bagi Kamu yang Merasa Salah Jurusan

Ambil Program S2 dan S3, Jadi Jalan Terbaik Bagi Kamu yang Merasa Salah Jurusan

Tips kuliah berjalan lancar--picture by id.prosple.com

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Saat memasuki jenjang Pendidikan perguruan tinggi, satu pertanyaan yang selalu terlintas dalam pikiran kita adalah “Ambil Jurusan apa ya?” Jangan sampai kamu salah ambil jurusan dan putus ditengah jalaN karena salah ambil jurusan. Jika kamu sedang merasakan salah jurusan, lakukan hal ini.

 

Memilih jurusan kuliah menjadi keputusan penting dalam hidup yang harus diperhitungkan. Karena jurusan yang kita pilih nantinya akan berpengaruh pada aktifitas kita selama berkuliah terutama bagi karir di masa depan. Oleh karena itu, sangat menyenangkan jika kita dapat memilih jurusan yang kita sukai dan bekerja di bidang yang kita cintai.

BACA JUGA:7 Tips Sukses Kuliah untuk Mahasiswa Jurusan Keperawatan, Siapkan Karir di Masa Depan

Salah satu tanda bahwa kamu mulai meragukan pilihanmu mengambil jurusan adalah ketika kamu merasa bosan dan malas mengikuti kelas, tidak kunjung memahami materi yang dijelaskan dosen. Hingga kamu memilih absen untuk tidak mengikuti kelas sehingga nilai dan IPK mu anjlok.

 

Mengambil Sistim Kuliah Double Degree

 

Mengambil gelar ganda (double degree) berbeda dengan melanjutkan studi S2. Kamu bisa mengambil kuliah lagi di jurusan yang sesuai dengan minatmu, Program ini memungkinkanmu untuk mendapatkan dua gelar dalam satu periode studi.

 

Secara sederhana, dengan kuliah selama 3-4 tahun, kamu bisa meraih dua gelar sekaligus. Gelar ganda ini bisa diperoleh di universitas yang berbeda atau di universitas yang sama. Contoh umum dari gelar ganda biasanya diambil oleh mahasiswa yang mengikuti program Pendidikan dan Ilmu Murni.

BACA JUGA:Maba Wajib Tahu, Inilah 7 Kebutuhan Mahasiwa Kos Selama Kuliah yang Harus Disiapkan

Misalnya, jika kamu kuliah di jurusan Pendidikan Matematika, kamu bisa menambah mata kuliah di jurusan Matematika di semester-semester akhir, atau sebaliknya. Beberapa universitas menawarkan program double degree dengan ketentuan yang spesifik dari pihak universitas. Berikut adalah enam universitas di Indonesia yang menyediakan gelar ganda,

 

-          Universitas Indonesia (UI) Kelas Internasional

 

-          Universitas Gajah Mada (UGM)

 

-          Universitas Brawijaya (UB)

 

-          Universitas Airlangga (UNAIR)

 

-          Universitas Islam Indonesia (UII)

 

-          Universitas Pelita Harapan

 

Perlu diingat, kuliah di dua jurusan sekaligus bukanlah hal yang mudah. Selain harus memperhitungkan biaya, kamu juga harus bisa mengatur waktu dan segala sesuatunya dengan baik, termasuk memastikan tidak ada jadwal kuliah yang bertabrakan. Jangan sampai ada tugas yang terbengkalai atau kehidupan sosialmu menjadi kacau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: