Cara Lain Menikmati Masa Kuliah Tanpa Harus Pindah Jurusan, Harus Banyak Bersyukur!

Cara Lain Menikmati Masa Kuliah Tanpa Harus Pindah Jurusan, Harus Banyak Bersyukur!

Tips kuliah berjalan lancar--picture by id.prosple.com

 

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Saat memasuki jenjang Pendidikan perguruan tinggi, satu pertanyaan yang selalu terlintas dalam pikiran kita adalah “Ambil Jurusan apa ya?” Jangan sampai kamu salah ambil jurusan dan putus ditengah jalaN karena salah ambil jurusan. Jika kamu sedang merasakan salah jurusan, lakukan hal ini.

 

Memilih jurusan kuliah menjadi keputusan penting dalam hidup yang harus diperhitungkan. Karena jurusan yang kita pilih nantinya akan berpengaruh pada aktifitas kita selama berkuliah terutama bagi karir di masa depan. Oleh karena itu, sangat menyenangkan jika kita dapat memilih jurusan yang kita sukai dan bekerja di bidang yang kita cintai.

BACA JUGA:Pendiri Tiki dan JNE Resmikan Masjid Nur’aini di Kurau Barat Bangka Belitung

 

Namun, ada kalanya kita berada dalam situasi yang sulit, seperti tidak lolos seleksi jurusan yang kita harapkan, keterbatasan biaya dan terpaksa memilih jurusan lain yang tidak sesuai dengan minat. Atau mungkin ada alasan lain yang membuat kita terpaksa harus mengambil jurusan yang tidak kita sukai.

 

1.      Melanjutkan Jurusan yang Terlanjur Dipilih

 

Satu hal yang perlu kamu ingat saat kamu mengalami salah jurusan. “Tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk berkuliah” Banyak orang yang gak bisa kuliah dan terpaksa menghentikan mimpinya pada jenjang SMA/SMK. Jadi, kamu termasuk orang yang beruntung bisa melanjutkan Pendidikan S1 dan berkuliah.

 

Bagaimana jika nantinya saya gagal karena jurusan yang diambil tidak sesuai bakat dan minat? Jawabanya adalah “Lanjutkan” berusahalah dan lakukan apapun yang kamu bisa semakimal mungkin. Karena untuk berada di posisimu saat ini bukan perkara yang mudah.

BACA JUGA:Serunya Ngonten Bareng Lyodra dan Juicy Luicy di Galaxy FEstival pakai Galaxy S24 FE

 

Jika kamu sudah berada di tengah semesterbahkan sampai menuju semester akhir, mungkin pindah jurusan bukanlah solusi yang tepat. Terlepas dari situasi yang ada, jika kamu sudah melanjutkan kuliah, anggaplah ini sebagai tantangan untuk keluar dari zona nyaman.

 

Percayalah, tidak ada ilmu yang sia-sia untuk dipelajari. Belajarlah untuk menerima keadaan ini dengan Ikhlas. Kamu harus bertanggung jawab dan berkomitmen menyelesaikan jejang kuliah yang sudah kamu bambil, bukan hanya untuk orangtua dan teman, tapi juga untuk dirimu.

 

2.      Melanjutkan jenjang Pendidikan S2 dengan Jurusan yang Kamu Inginkan

 

Tidak ada salahnya jika kamu kuliah di Jurusan Teknik Lingkungan pada jenjang sarjana, lalu melanjutkan ke Seni Terapan di jenjang magister. Justru, ini memberi kamu kesempatan untuk mempelajari banyak hal dari kedua bidang tersebut. Bayangkan betapa luasnya pengetahuan yang akan kamu miliki!

 

Pendidikan dan pengetahuan tentang Teknik Lingkungan yang telah kamu pelajari selama bertahun-tahun mungkin tidak banyak berkaitan dengan Seni Terapan. Oleh karena itu, kamu harus siap untuk mengejar ketertinggalan agar tidak hanya bingung di kelas.

 

3.      Bergabung dengan UKM yang Berkaitan dengan Jurusan Impian

 

Cara lain yang bisa kamu lakukan saat salah ambil jurusan adalah mengikuti UKM atau organisasi yang berkaitan dengan jurusan yang kamu impikan. Cara ini setidaknya cukup efektif dilakukan para mahasiswa ketimbang ia harus ganti jurusan.

BACA JUGA:Cara Mudah para Orangtua Menggali Minat dan Potensi Anak, Lewat Kebiasaannya dirumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: