Dinas Perikanan Karawang Gencar Mendorong Penerbitan Sertifikasi CPIB dan CBIB

Dinas Perikanan Karawang Gencar Mendorong Penerbitan Sertifikasi CPIB dan CBIB

Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Karawang, Nur Ridwan Solihin--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Perikanan Kabupaten Karawang tengah gencar mendorong penerbitan sertifikasi Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) dan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB). 

"Kami ingin meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para pembudidaya ikan," ujar Kepala Bidang Budidaya Dinas Perikanan Karawang, Nur Ridwan Solihin, Selasa, 8/10/2024.

Meskipun Kabupaten Karawang memiliki potensi besar di sektor perikanan, khususnya budidaya, jumlah pembudidaya yang telah tersertifikasi masih sangat rendah.

"Dari 700 pembudidaya ikan air tawar dan 3.409 pembudidaya tambak, hanya 29 yang memiliki sertifikat CBIB dan 73 dengan sertifikat CPIB. Padahal potensi produksi per bulan bisa mencapai 10 ribu hingga 200 ribu ekor benih ikan," tutur Ridwan.

BACA JUGA:Janjikan Kondusifitas Iklim Industri, Paguyuban Minang Nyatakan Dukung Pasangan ASIH

BACA JUGA:KGPP Silaturahmi dengan Ahmad Syaikhu, Siap Nyatakan Dukungan untuk Pasangan ASIH di Pilgub Jabar 2024

Dinas Perikanan Karawang menyadari pentingnya sertifikasi CPIB dan CBIB untuk meningkatkan kualitas produk dan kepercayaan pembeli.

"Sertifikasi bukan sekadar formalitas, tetapi menjadi 'alat jual' yang dapat mendorong penjualan dan meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya. Sertifikat ini bukan hanya soal kuantitas, tapi juga kualitas," terang Ridwan.

Penilaian sertifikasi CPIB dan CBIB mencakup empat aspek utama: teknis, manajemen, keamanan pangan, dan lingkungan. Dengan demikian, sertifikasi ini memastikan bahwa proses budidaya ikan dilakukan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan, menghasilkan produk berkualitas tinggi yang aman untuk dikonsumsi.

Dinas Perikanan Karawang telah mengajukan 50 pembudidaya untuk disertifikasi ke tingkat pusat pada tahun ini. 

BACA JUGA:Carut Marutnya Sengketa Lahan Kantor Desa Sukaresmi Cikarang Selatan

BACA JUGA:Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kabupaten Bekasi Meningkat, Tertinggi di Jawa Barat

Menurutnya Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah pembudidaya yang tersertifikasi dan mendorong peningkatan kualitas produk perikanan di Kabupaten Karawang.

"Dengan meningkatnya jumlah pembudidaya yang tersertifikasi, diharapkan kesejahteraan mereka akan semakin terdongkrak seiring dengan meningkatnya kualitas produk yang dihasilkan," kata Ridwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: