Tim PPK Ormawa Himtel Unsika Sukses ciptakan Alat Smart Farming

Tim PPK Ormawa Himtel Unsika Sukses ciptakan Alat Smart Farming

Tim PPK Ormawa Himtel Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) sukses menciptakan alat smart farming.--karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himtel) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) sukses menciptakan alat smart farming yang berpotensi meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Karawang. 

Alat tersebut telah diuji coba dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kepala Desa Tanahbaru dan Camat Pakisjaya.

Setelah melalui proses pengembangan selama lima bulan, tim PPK Ormawa Himtel Unsika akhirnya menyelesaikan pembuatan alat smart farming dan memberikan pendampingan cara penggunaannya kepada para petani di Dusun Kamal, Desa Tanahbaru.

Puncaknya, mereka menyelenggarakan Lokakarya di Desa Tanahbaru pada Kamis (24/10) untuk menampilkan cara penggunaan alat tersebut.

BACA JUGA:Aice Dukung HUT Pertama Kereta Cepat Whoosh lewat Kecerian Es Krim Bersama Penumpang

BACA JUGA:ASIH Soroti Persoalan Banjir hingga Tawuran Konten

"Inovasi seperti ini sangat kami butuhkan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di desa kami. Kami berharap alat ini dapat diterapkan secara luas di desa kami dan membantu para petani untuk meningkatkan hasil panen," ujar Kepala Desa Tanahbaru, Syamsudin, saat menyaksikan demonstrasi alat smart farming. 

Apresiasi juga datang dari Camat Pakisjaya, Syarif Hidayatullah. Ia berharap kerjasama antara tim PPK Ormawa Himtel Unsika dan masyarakat di Kecamatan Pakisjaya dapat terus berlanjut dan membawa manfaat nyata bagi para petani.

"Saya sangat mengapresiasi kepada adik-adik mahasiswa atas program yang dibawakan di Kecamatan Pakisjaya. Kami berharap kerjasama semacam ini dapat terus berlanjut dan membawa manfaat nyata bagi para petani di wilayah kami," kata Syarif.

Melihat potensi besar dari teknologi yang dikembangkan oleh tim PPK Ormawa Himtel Unsika, UPTD Pertanian Pakisjaya berencana mengajukan alat tersebut kepada Pemerintah Daerah Karawang untuk diproduksi secara masal.

BACA JUGA:Kampanye di Babakan Dukuh, Aep Syaepulloh Tegaskan untuk Lanjutkan Program Pro-Rakyat

BACA JUGA:Pilkada Karawang 2024: Tim Pemenangan Yakin Paslon Aep-Maslani Menang Diatas 60 Persen Perolehan Suara

"Kami melihat potensi besar dari teknologi yang dikembangkan oleh Tim PPK Ormawa Himtel Unsika. Kedepannya, kami siap memfasilitasi penerapan teknologi ini secara lebih luas di wilayah Pakisjaya," terang Arif Kurnia, staf UPTD Pertanian Kecamatan Pakisjaya

Ketua Tim PPK Ormawa Himtel Unsika, Regita Aulia Safitri, mengungkapkan harapannya agar alat smart farming yang mereka ciptakan dapat diterapkan secara masif oleh masyarakat. Ia juga berharap adanya dukungan dari Dinas Pertanian untuk mendukung pengembangan dan penerapan teknologi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: