Cari Bibit Remaja Potensial, Duta Genre Keliling Karawang

Jumat 29-07-2022,01:14 WIB
Editor : redaksimetro01

METRO KARAWANG - Jelang Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Karawang tahun 2022. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang, melalui Tim Kelompok Kerja dan Pelayanan (Pokjayan) Duta Genre Karawang, keliling ke 30 kecamatan untuk menjaring calon penerus Duta Genre  berikutnya.

Wakil Ketua Pokjayan Duta Genre Karawang, Kurnia Sari menjelaskan, berbeda dari penjaringan Duta Genre tahun-tahun sebelumnya. Proses sosialisasi mencari penerus Duta Genre di tahun ini, dilakukan bersamaan dengan penjaringan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di tiap-tiap kecamatan.

Kurnia Sari mengatakan, selain melakukan proses penjaringan. Pada kesempatan ini, Duta Genre Karawang juga melakukan monitoring dan evaluasi kinerja kelompok PIK-R di 30 kecamatan.

"Kita sudah keliling ke 16 kecamatan, selain mensosialisasikan pemilihan Duta Genre. Kita juga lakukan evaluasi dan monitoring kelompok PIK-R di kecamatan. Tujuannya, agar pengetahuan kelompok PIK-R di kecamatan lebih merata," kata Kurnia, saat diwawancara KBE, Kamis, (28/7) di Kecamatan Ciampel.

Kurnia menjelaskan, tahun 2022 ini proses Pemilihan Duta Genre Karawang bakal dibarengi dengan lomba PIK-R terbaik tingkat Kabupaten Karawang.

Tujuannya, agar kelompok PIK-R  di tingkat kecamatan bisa lebih bersaing. Untuk berebut tiket mewakili Kabupaten Karawang, dalam pemilihan PIK-R terbaik tingkat Jawa Barat.

"Jadi tahun ini, selain kita menggelar Pemilihan Duta Genre, kita juga akan melakukan Pemilihan PIK-R terbaik di Kabupaten Karawang," kata Kurnia yang juga alumni Duta Genre tahun 2020.

"Pemilihan Duta Genre Karawang tahun 2022 rencananya digelar sekitar akhir tahun ini," imbuhnya.

Masih kata Kurnia, bagi remaja yang berminat menjadi Duta Genre Karawang generasi berikutnya. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipersiapkan. Mulai dari pengetahuan dan wawasan yang luas tentang program Bangga Kencana, memiliki projek atau program sosial di masyarakat, serta masih berusia remaja dan belum menikah.

"Kami masih membuka kesempatan untuk remaja-remaja terbaik di Karawang berkarya di Duta Genre," ujarnya. (Wyd)
Tags :
Kategori :

Terkait