Dinas Perikanan Ikut Perangi Stunting Jaga Kualitas Produk Perikanan

Senin 26-06-2023,11:14 WIB
Reporter : Gemah
Editor : Suhlan Pribadi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Bekasi terus berupaya menjaga mutu dan kualitas produk perikanan. Hal ini guna mendukung penurunan angka stunting diwilayah Kabupaten Bekasi.

"Kita fokus untuk menumbuh kembangkan produksi ikan dan spesifikasinya. Peningkatan mutu   dan pelayanan,"kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Imam Santoso saat menghadiri kegiatan Botram di Kecamatan Cibitung, Sabtu (24/5)

Imam mengatakan, selain itu kesejahteraan nelayan pun terus diperhatikan Dinas Perikanan. Hal ini agar nelayan dapat berinovatif menghasilkan mutu ikan. Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi sendiri sudah meluncur program Gemar Makan Ikan bekerja dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) dan Dinas Ketahanan Pangan.

"Usaha kita lewat gerakan awal, dengan kegiatan makan ikan yang sudah kita laksanakan dua kali di Sekolah Dasar termasuk kemarin di Tambun Utara, jadi kita roadshow,"kata dia.

Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan tahun depan menuju zero stunting atau tidak ada kasus stunting, sehingga upaya makan ikan merupakan salah satu upaya pencegahan. "Kita tingkatkan   gemar makan ikan mulai dari anak sekolah hingga dewasa, tahun depan itu fokus ibu-ibu menyusui dan bayi,"paparnya.

Saat ini kata dia UMKM Kabupaten Bekasi sudah berinovasi mengolah ikan sehingga menjadi variasi makanan ikan. "Biar orang ga bosen makan ikan goreng doang, ada lele yang jadi abon, ada yang jadi crispy dan ikan lainnya," kata dia. (dim)

Kategori :