Perkuat Kecintaan Tanah Air, UBP Karawang Gelar Seminar Jati Diri Bangsa

Kamis 09-11-2023,12:25 WIB
Reporter : Rizki Andika
Editor : Rizki Andika

KARAWANG - Perkuat kecintaan tanah air, mata kuliah Jati Diri Bangsa gelar Seminar Nasional "Penguatan Identitas Nasional Mahasiswa Melalui Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara" di Aula 1 Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang. Acara ini berhasil menyedot perhatian lebih 1700 mahasiswa. 

 

Dalam pidato pembuka seminar nasional ini, Prof. Dedi Mulyadi, Rektor UBP Karawang menekankan bahwa jati diri bangsa dan wawasan kebangsaan ini memiliki keterakaitan dengan perubahan visi UBP Karawang pada 1 September lalu.

 

"Visi UBP Karawang saat ini adalah berwawasan kebangsaan, dan bereputasi internasional. Visi tersebut memliki makna yang salah satunya fokus pada pentingnya bagi mahasiswa mengetahui nilai kebangsaan dan menjaga jati diri bangsa Indonesia," terang Rektor Dedi.

 

"Mata kuliah Jati Diri Bangsa di UBP Karawang, walaupun hanya memiliki bobot 2 sks, memiliki potensi besar untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada mahasiswa di mana pun mereka berada," terang Rektor Dedi menambahkan.

 

BACA JUGA:Arbi Lanjutkan Tradisi Positif Pembinaan Astra Honda di JuniorGP

 

Dr. M. Mona Adha M.Pd dari Universitas Lampung, salah satu pembicara pada kegiatan, menyampaikan dalam materinya bahwa wawasan kebangsaan ini mencakup kesadaran berbangsa dan bernegara, kepribadian bangsa, persatuan dan kesatuan, jiwa besar dan patriotisme, serta tanggung jawab. 

 

"Penting bagi mahasiswa untuk memahami konsep bangsa Indonesia sebagai satu kesatuan yang didasari oleh kesadaran diri dan lingkungannya dalam berbangsa dan bernegara menjadi fokus pembahasannya," papar Mona.

 

Tags :
Kategori :

Terkait