Tips Mudik Lebaran 2024, Mari Utamakan Keselamatan!

Selasa 09-04-2024,16:37 WIB
Reporter : Cindy Oktaviani
Editor : Cindy Oktaviani

 

Kendaraan Tidak Melebihi Muatan

Ketika kapasitas kendaraan berlebihan karena memuat banyak barang dan penumpang yang lebih bisa menyebabkan kerusakan pada kendaraan. Selain itu juga dapat mengakibatkan gangguan keseimbangan, dimana pengemudi tidak bisa mengendalikan mobil dengan baik, dan bisa mengakibatkan risiko kecelakaan karena jarak pengereman lebih lama.

 

Istirahat Ketika Capek Saat Mengemudi

Informasi jika kalian memasuki area istirahat disejumlah bahu jalan tol, kalian dapat beristirahat selama 30 menit saja. Terutama jika dalam perjalanan menuju kampung halaman, pengemudi merasa lelah, atau bahkan ngantuk. Sebaiknya berhenti di rest area terdekat, istirahat tersebut bisa digunakan untuk tidur sejenak, baik makan, minum kopi atau teh juga bisa membantu mengurangi rasa ngantuk.

 

Patuhi Rambu Lalu Lintas dan Kecepatan Berkendara

Dimana pun kalian berada, mematuhi peraturan lalu lintas adalah hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Rambu lalu lintas dapat membantu kalian untuk tetap berada di jalur yang tepat. Selain itu, kecepatan dalam berkendara juga harus selalu diperhatikan.

 

Setiap jalan tentu akan memiliki batas maksimum dan minimum kecepatan. Oleh karena itu, sebagai pengemudi harus memahami hal tersebut untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

 

Selain mematuhi rambu lalu lintas dan kecepatan dalam berkendara, sebagai pengemudi kita juga harus selalu update mengenai info rekayasa lalu lintas. Ketika memasuki libur lebaran, sejumlah tempat di tol ada yang menerapkan rekayasa lalu lintas dengan tujuan untuk menghindari adanya kemacetan. Dengan mengetahui informasi tersebut, kalian dapat menjadi lebih berhati-hati ketika berkendara.

 

 

Kategori :