Mudah Banget, Begini Cara Mengatasi Kapalan di Jari Tangan

Selasa 25-06-2024,12:35 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -  Kapalan pada jari tangan dapat mengganggu kenyamanan saat beraktivitas sehari-hari. Beberapa orang mungkin merasa kurang percaya diri, terutama dalam situasi sosial seperti bersalaman dengan orang baru. Namun, jangan khawatir, karena kapalan di jari tangan dapat diatasi dengan cara yang mudah.

Kapalan merupakan kondisi di mana kulit mengalami penebalan akibat tekanan atau gesekan yang berulang. Biasanya, kapalan pada jari tangan sering terjadi pada mereka yang melakukan aktivitas fisik yang melibatkan penggunaan tangan secara intensif, seperti pemain tenis, pengrajin kayu, pemain gitar, seniman lukis, dan penulis.

Berbagai Cara Mengatasi Kapalan di Jari Tangan 

Kulit yang mengalami kapalan umumnya akan terasa kering dan kasar. Namun, biasanya kapalan tidak menimbulkan rasa sakit. Pada kasus ringan, kapalan dapat diatasi tanpa perlu pengobatan khusus.

Beberapa cara sederhana untuk mengatasi kapalan di jari tangan adalah sebagai berikut:

1.       Rendam dengan air hangat

Untuk merawat jari tangan yang mengalami kapalan, rendamlah dalam air hangat selama sekitar 5–10 menit. Pastikan airnya tidak terlalu panas untuk menghindari iritasi kulit.

2.       Gosok dengan batu apung

Setelah merendam jari tangan dalam air hangat, gunakan batu apung dengan gerakan memutar untuk menggosok kapalan secara perlahan. Hal ini membantu mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan permukaan kulit.

3.       Oleskan pelembap

Selanjutnya, aplikasikan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit jari tangan. Pilihlah pelembap yang mengandung asam salisilat, ceramide, ammonium lactate, atau urea untuk membantu mengatasi kapalan dengan lebih efektif.

Bagi ibu hamil dan orang dengan kondisi kesehatan khusus, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk pelembap untuk memastikan keamanan penggunaannya.

4. Rendam garam inggris

Setelah beraktivitas seharian, Anda juga dapat merawat jari yang mengalami kapalan dengan cara merendamnya dalam larutan garam inggris. Caranya adalah dengan mencampurkan 2–3 sendok makan garam inggris dengan air hangat di dalam baskom. Selain membantu menghilangkan kapalan, larutan garam juga dapat memberikan efek relaksasi pada otot.

5. Rendam dengan perasan lemon dan soda kue

Cara lain untuk mengatasi kapalan di jari tangan adalah dengan merendamnya dalam campuran perasan lemon dan soda kue. Asam dari lemon dan natrium hidrogen karbonat dari soda kue dapat membantu menghilangkan kapalan. Pertama, siapkan air hangat di dalam baskom dan tambahkan 2–3 sendok makan perasan lemon.

Rendam jari yang kapalan dalam larutan ini selama beberapa menit. Setelah itu, tambahkan soda kue ke dalam baskom dan rendam jari lagi hingga beberapa menit untuk efek yang lebih maksimal.

Demikianlah metode-metode sederhana untuk mengatasi kapalan di tangan. Disarankan untuk menghindari menggunting atau memotong kapalan dengan pisau atau gunting kuku untuk mencegah terjadinya infeksi.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengatasi kapalan di jari tangan Anda, atau jika kapalan sudah disertai dengan gejala seperti keluarnya nanah, perubahan warna kulit, atau berdarah, segera konsultasikan diri Anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan yang sesuai.

 

Kategori :