Kenari Sampai Bij Buncis, Berikut Rekomendasi Makanan Kaya Nutrisi Aman Dikonsumsi Hamster

Rabu 18-09-2024,23:02 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Pernah gaksih kamu lihat hamster yang makan video hamster yang menyimpan kacam ke dalam mulutnya. Pasanya bukan 1,2 atau 3 kacang tapi jumlahnya ada belasan hingga puluhan kacang. Hamster punya kebiasaan menyimpan makannanya ke dalam mulut, tapi bukan untuk dimakan tapi untuk disimpan. Tapi, apakah makanan hamster hanya kacang kacangan saja? Simak informasinya dibawah ini

Salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara selain kucing atau anjing itu tidak lain adalah hamster. Hewan kecil yang satu ini banyak disukai karena punya ukuran yang kecil dan sangat menggemaskan. Tidak aneh jika Hmster disukai dan dipelihara oleh semu akalangan, baik itu orang dewasa maupun anak anak.

BACA JUGA:Pentingnya Menjaga Pola Makan Hamster Agar Tidak Kegemukan

Bukan Cuma karena bentuk fisiknya, memelihara hamster cukup terbilang mudah. Kandang yang diperlukan hamster juga tidak besar, kamu bisa memelihara hamster dimanapun, bahkan dikamar sekalipun. Meski demikian, untuk merawat hamster ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan kamu awasi, terutama soal makananya.

Rekomendasi Makanan yang Aman Untuk Hamster

Selain kacang, hamster juga mengkonsumsi sayur dan biji bijian loh. Memilih makanan yang tepat untuk hamster sangat penting untuk mendukung kesehatannya. Untuk menjaga gizi seimbang untuk hamster.

BACA JUGA:5 Tips Mudah Merawat Hamster yang Gak Bikin Ruangan Jadi Bau

Kamu bisa memberikan biji bijian, sayuran dan sedikit buah. Nah.. berikut ini rekomendasi makanan yang aman dan sangat baik dikonsumsi hamster agar sehat dan gak kegemukan

1. Makanan Kering Komersial

Hamster umunya mengkonsumsi makanan kering berupa pellet yang bisa dibeli di toko toko hewan peliharaan. Pellet ini biasanya berisi campuran biji-bijian, biji bunga matahari, biji buncis, dan bahan lainnya.

2. Sayuran Segar

Siapa bilang hamster Cuma suka biji bijian? Hamster juga suka makan sayur loh. Kamu bisa memberikan hamster beberapa sayuran seperti Wortel, Broolo Kubis, Kembang Kol, Bayam, Mentimun bahkan Selada Air.

Agar mudah dikonsumsi kamu bisa memotongnya kedalam butiran kecil, agar hamster peliharaanmu todak tersedak saat makan sayuran tersebut.

3. Buah Buahan

Seperti halnya sayur, hamster juga aman diberikan buah buahan. Kamu bisa memebrikan buat dengan tekstur lunak seperti Pisang, Apel, bahkan Pir. Buah bisa jadi camilan yang sehat dan juga mengenyangkan bagi hamster loh.

Kamu bisa memotongnya dalam potongan kecil lalu mencampurkannya dengan sayur atau kacang. Namun, ada baiknnya kamu membatasi asuan buah manis karena mengandung gula yang tidak baik jika dikonsumsi berlebih.

4. Kacang kacangan

Hamster suka banget sam anamanya kacang, tapi kamu harus memilah mana saja jenis kacang yang baik dikonsumi hamster. Kam ubisa memberikan jenis kacang seperti kenari dan kacang mete yang kaya akan protein.

BACA JUGA:Rekomendasi Makanan Hamster Alami dan Buatan Kaya Akan Nutrisi dan Serat

Tapi kamu perlu membatasi asupan kacang. Karena baisanya kacang kaya akan kandungan lemak yang bsia membuat hamster jadi obesitas.

5. Biji Bijian

Jenis biji yang kaya protein dan baik dikonsumsi hamster adalah biji bunga matahari dan biji buncis. Kamu bisa memberikan biji kuaci sacset sebagai cemilan sore hamster.

 

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Memberi Makan Hamster

Tidak sembarangan, nyatanya ada beberapa hal yang harus kamu perhatiakan saat memberikan dan memilih hamster makanan. Seerti halnya dengan apa yang dijelaskan dibawah ini :

1.       Pilih Makanan dengan Gizi seimbang

Siapasih majikan yang gak ingin melihat hewan peliharaanya sehat dan bugar. Untuk itu kamu harus memilah makanan yapa yang baik dan bernutrisi untuk hewan peliharaanmu.

Pilihlah makanan pokok yang menawarkan nutrisi seimbang, termasuk protein, serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan hamster. Ini penting untuk mendukung pertumbuhan, memberikan energi, dan menjaga kesehatan gigi.

2.       Pilih Varietas Makanan

Pastikan makanan pokok yang dikonsumsi hamster mengandung berbagai jenis biji-bijian dan bahan alami seperti kacang-kacangan, kacang polong kering, dan biji bunga matahari untuk memastikan pola diet hamster.

BACA JUGA:Tips & Trick Merawat Hamster Lewat Penempatan Posisi Kandang

Jangan terlalu sering memberikan hamster makanan kering seperti pellet. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan potongan sayuran cemilan buah buahan. Untuk memebrikan gizi seimbang

3.       Hindari Pewarna dan Pengawet

Pilih makanan yang bebas dari pewarna buatan dan pengawet yang berlebihan. Makanan alami tanpa bahan kimia tambahan lebih baik untuk kesehatan hamster, serta pastikan makanan rendah gula dan tidak mengandung bahan berbahaya.

4.       Sesuaikan dengan Umur dan Kondisi

Jangan asal pilih makanan hamster, karena beberapa makanan pokok dirancang khusus untuk hamster berdasarkan umur, seperti makanan untuk anak hamster atau hamster dewasa. Hamster yang sedang hamil atau menyusui juga membutuhkan tambahan nutrisi.

5.       Porsi yang Tepat

Berikan makanan pokok dalam porsi yang sesuai dengan ukuran dan kebutuhan hamster. Hindari memberikan terlalu banyak makanan untuk mencegah obesitas. Selalu sediakan air bersih untuk hamster. Air merupakan bagian penting dari diet mereka.

Kategori :