Biji Apel sampai Alpukat, Jangan Pernah Kasi Hamster Makanan Ini Kalau Gak Mau dia Mati

Jumat 20-09-2024,08:13 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Pernah gaksih kamu lihat hamster yang makan video hamster yang menyimpan kacam ke dalam mulutnya. Pasanya bukan 1,2 atau 3 kacang tapi jumlahnya ada belasan hingga puluhan kacang. Hamster punya kebiasaan menyimpan makannanya ke dalam mulut, tapi bukan untuk dimakan tapi untuk disimpan. Tapi, apakah makanan hamster hanya kacang kacangan saja? Simak informasinya dibawah ini

Salah satu jenis hewan yang paling banyak dipelihara selain kucing atau anjing itu tidak lain adalah hamster. Hewan kecil yang satu ini banyak disukai karena punya ukuran yang kecil dan sangat menggemaskan. Tidak aneh jika Hmster disukai dan dipelihara oleh semu akalangan, baik itu orang dewasa maupun anak anak.

BACA JUGA:Kenali Gejala Penyakit Batuk dan Cara Mengatasinya

Bukan Cuma karena bentuk fisiknya, memelihara hamster cukup terbilang mudah. Kandang yang diperlukan hamster juga tidak besar, kamu bisa memelihara hamster dimanapun, bahkan dikamar sekalipun. Meski demikian, untuk merawat hamster ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan kamu awasi, terutama soal makananya.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Oleh Hamster

Bukan Cuma kacang ada beragam jenis makana yang amakn dan bernutrisi untuk dikonsumsi hamster. Misalnya seperti biji bijian, kacang kacangan, Pellet khusus sampai potongan buah dan sayur segar.

Tapi ada beberapa makanan yang nampaknya harus dihindari oleh hamster, karena efeknya akan berbahaya bagi Kesehatan hamster. Berikut adalah beberapa pantangan dan makanan berbahaya bagi hamster

1. Makanan Manusia

Jangan memberikan makanan manusia yang digoreng, berminyak, gurih, atau pedas kepada hamster. Ini termasuk keripik kentang, pizza, cokelat, dan makanan cepat saji, yang sering mengandung bahan berbahaya bagi hamster.

BACA JUGA:7 Tips Sukses Kuliah untuk Mahasiswa Jurusan Keperawatan, Siapkan Karir di Masa Depan

Untuk mencegah hal tersebut, kamu bisa menjaga kebersihan rumah untuk menghindari sisa makanan yang jatuh ke lantai dan tidak sengaja tertelan oleh hamster. Mengingat hamster suka sekali menjelajah tempat tempat kecil, apalagi jika kamu tidak mengunci kendang hamster dengan rapat, ia bisa saja kabur.

2. Makanan yang Beracun Untuk Hamster

Makanan beracum ini bukan bermaksud makanan yang sengaja diberikan racun melainkan makanan yang tidak boleh dimakan hamster karena memebrikan eferk racun yang mematikan.

Misalnya seperti alpukat, bawang, bawang putih, anggur, dan cokelat. Beberapa makanan ini bisa menyebabkan keracunan serius. Bukan Cuma tidak memberikannya, kamu bisa menjauhkan makanan tersebut dari are akandang hamster, takut jika nanti hamster tidak sengaja menelannya.

3. Biji Apel

Meskipun biji bijian kaya protein dan bagik dikonumsi, ada baikny akam utidak memberikan biji apel kepada hamster. Kamu memang bisa menjadikan apel sebagai camilan, tapi kamu perlu memotongny ajadi butiran kecil agar ia tersedak.

Yang terpenting Jangan memberikan biji apel atau inti apel kepada hamster karena mengandung senyawa sianida yang beracun.

4. Kulit Kacang Almond

Seperti halnya dengan apel, almond jadi salah satu kacang yang punya protein tinggi bagi hamster. Namun saat memberikannya pada hamster kamu harus cermat untuk mengupas kulit almond dengan dagingnya.

BACA JUGA:Cara Mudah Menghilangkan Grogi Saat Berbicara di Depan Umum Hanya Dalam Hitungan Menit

Karena meskipun kacang almond dapat menjadi camilan yang baik untuh hamster, hindari memberikan kacang almond dengan kulitnya karena kulitnya bisa berbahaya bagi fisik hamster.

4. Makanan Basah

Jangan memberikan hamster makanan basah dan berair seperti ceria tau tomat segar. Karena makanan basah yang mengandung air tinggi bisa membuat hamster diare. Ada baiknya kamu memilih buah dan sayur dengan tekstur lunak cenderung keras karena mengandung sedikit air.

5. Makanan Tidak Segar

Pastikan makanan yang diberikan kepada hamster selalu segar dan tidak berjamur. Hindari memberikan makanan yang sudah basi atau terkontaminasi agar hamster tidak diare dan sakit.

6. Makanan yang Terlalu Banyak Gula

Hindari memberikan makanan yang mengandung gula berlebihan, seperti permen atau camilan yang sangat manis. Gula berlebihan bisa menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya pada hamster. Kamu juga perlu membatasi asupan buah yang tinggi gula.

8. Kacang-Kacangan yang Berminyak

Hindari memberikan kacang-kacangan yang digoreng atau mengandung banyak minyak, seperti kacang goreng atau kacang polong instant. Minyak berlebihan dapat mengganggu pencernaan hamster dan menimbulkan obesitas berlebih.

9. Makanan Pedas

Jangan berikan makanan pedas seperti cabai atau makanan yang sangat pedas kepada hamster, karena dapat menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan mereka.

BACA JUGA:7 Tips Sukses Kuliah untuk Mahasiswa Jurusan Keperawatan, Siapkan Karir di Masa Depan

Jikapun tidak, kamu juga perlu menjaga keberishan setelah mengkonsumsi makana pedas, jangan sampai bungkus atau sisa makanan yang menempel termakan atau terjilat oleh hamster.

Itulah daftar makanan yang aman dan yang harus dihindari untuk hamster. Pastikan untuk tidak salah memberikan makanan, ya!

Kategori :