Berdampak bagi Kesehatan, Begini Cara Mengurangi Konsumsi Gluten

Rabu 25-09-2024,14:22 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Tampaknya saat ini kita perlu lebih berhati-hati dalam menjaga pola makan agar tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat. Banyak makanan yang kini berpotensi berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan, salah satunya adalah gluten.

Gluten adalah sejenis protein yang biasanya ditemukan dalam gandum.Gluten mengandung peptida, yaitu protein yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini terutama berdampak pada mereka yang menderita obesitas, kelelahan kronis, atau masalah pencernaan.

 

Para ahli kini semakin banyak yang menyarankan untuk menghindari makanan yang mengandung gluten karena berpotensi merugikan kesehatan.

Lalu, bagaimana cara menguriangi konsumsi gluten?

BACA JUGA:Inilah Alasan Kenapa Kamu Sering Kentut, Berikut Cara Mengatasinya

Dampak Gluten Berlebihan untuk Kesehatan Sebelum mengetahui cara mengurangi konsumsi gluten, kamu  juga perlu tahu dampak kkonsumsi gluten berlebihan. Berikut beberapa dampak negatif dari konsumsi gluten berlebihan terhadap kesehatan:

 

Gangguan Pencernaan

 

Pencernaan dapat terganggu jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Zat peptida dalam gluten dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Sebaiknya hindari atau kurangi asupan gluten yang tinggi.

 

Malnutrisi

 

Selain masalah pencernaan, konsumsi makanan tinggi gluten dapat menghalangi tubuh menyerap nutrisi yang dibutuhkan. Hal ini bisa menyebabkan kekurangan gizi, dan dalam kasus yang parah, malnutrisi. Beberapa organ tubuh juga bisa terganggu fungsinya.

 

Gangguan Lambung

 

Kesehatan lambung dapat terganggu akibat konsumsi gluten berlebihan. Makanan yang mengandung gluten bisa menyebabkan sakit perut, iritasi, dan radang pada lambung, yang tentunya akan mengganggu proses pencernaan.

 

Infeksi Tenggorokan

 

Tenggorokan juga dapat terdampak oleh konsumsi gluten berlebihan, menyebabkan iritasi dan membuat sulit untuk menelan makanan.

 

Alergi

 

Mengonsumsi gluten dalam jumlah besar bisa memicu reaksi alergi, karena tubuh mungkin menolak menyerap kandungan gluten, sehingga menimbulkan gejala alergi.

 

Sesak Napas

Kategori :