12 Tips dan Trik Merawat Rambut supaya Berkilau dan Sehat

Rabu 25-09-2024,14:27 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

 

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan. Oleh karena itu, penampilan dan perawatan rambut merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menjaga rambut tetap terlihat sehat dan berkilau. Untuk menjaga rambut tetap berkilau, kamu perlu fokus pada perawatan yang meningkatkan kesehatan dan penampilan rambut secara keseluruhan. Berikut adalah cara merawat rambut agar tetap berkilau dengan detail:

1. Gunakan Shampo dan Kondisioner yang Tepat

Memilih produk yang sesuai dengan jenis rambut kamu sangat penting untuk menjaga kilau alami. Kamu bisa memilih shampo dan kondisioner yang mengandung bahan pelembap dan nutrisi. Produk dengan keratin, vitamin E, atau minyak alami seperti minyak argan atau kelapa bisa membantu rambut supaya twrlihat berkilau. Hindari shampo yang mengandung sulfat karena bisa membuat rambut kering dan kusam. Pilihlah produk yang bebas sulfat.

2. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Masker rambut memberikan perawatan intensif yang dapat menambah kilau dan kelembapan pada rambut. Gunakan masker rambut minimal seminggu sekali. Pilih masker yang mengandung bahan seperti minyak argan, shea butter, atau aloe vera yang dikenal menambah kilau. Aplikasikan masker pada rambut yang bersih dan basah. Biarkan selama 15-30 menit sebelum dibilas untuk hasil terbaik.

3. Rutin Menggunakan Serum atau Minyak Rambut

Serum atau minyak rambut dapat memberikan lapisan pelindung tambahan yang meningkatkan kilau dan mengurangi kusam. Tipsnya yaitu gunakan serum atau minyak rambut setelah keramas saat rambut masih lembap, terutama pada ujung rambut untuk menghindari kekeringan. Pilih produk dengan minyak argan, minyak jojoba, atau minyak kelapa. Aplikasikan beberapa tetes di telapak tangan, ratakan, dan aplikasikan secara merata pada rambut.

4. Jangan Menggunakan Air Panas

Air panas dapat menghilangkan minyak alami dari rambut dan membuatnya tampak kering dan kusam. Tips yang bisa dilakukan yaitu cuci rambut dengan air hangat suam-suam kuku. Untuk bilasan terakhir, gunakan air dingin untuk menutup kutikula rambut dan menambah kilau alami.

 

BACA JUGA: 12 Cara Merawat Rambut Supaya Sehat dan Kuat

 

5. Keringkan Rambut dengan Lembut

Kategori :