Mulai dari Sunscreen sampai Laser, Simak Tips Hilangkan Bekas Jerawat di Pipi Berikut Ini Yuk!

Rabu 25-09-2024,22:06 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEAKSI.DISWAY.ID - Bekas jerawat yang membandel di pipi seringkali membuatmu merasa kurang percaya diri. Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk mengetahui cara cepat menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Pasalnya, bekas jerawat ini dapat memburuk jika sering terpapar sinar matahari, terutama di negara kita yang memiliki iklim tropis dengan sinar matahari yang hampir sepanjang hari.

Salah satu solusi untuk mencegahnya adalah dengan rutin menggunakan tabir surya saat keluar rumah. Namun, itu bukan satu-satunya cara. Yuk, simak tips hilangkan jerawat di pipi!

Penyebab Bekas Jerawat Menghitam

Ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat bekas jerawat menghitam dan bahkan meninggalkan luka bopeng. Padahal, jika ditangani dengan benar, jerawat seharusnya tidak meninggalkan bekas hitam di wajah.

Beberapa faktor penyebab bekas jerawat menghitam meliputi:

- Kebiasaan menyentuh dan memencet jerawat

- Faktor genetik

- Penurunan produksi kolagen

- Peningkatan produksi melanin

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Pipi

Bekas jerawat hitam di pipi sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya, tetapi memerlukan waktu yang tidak sebentar. Munculnya bekas jerawat hitam sering kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri, namun kondisi ini adalah hal yang normal, jadi tidak perlu terlalu khawatir.

Jadi, apakah bekas jerawat hitam bisa dihilangkan? Tentu saja! Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat hitam, terutama di pipi.

Menggunakan Tabir Surya

Sunscreen atau tabir surya adalah produk perawatan kulit yang penting, terutama jika kamu memiliki bekas jerawat hitam. Menggunakan tabir surya dapat mencegah bekas jerawat semakin parah akibat paparan sinar matahari, yang juga dapat menyebabkan munculnya noda hitam seperti flek.

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setiap hari dengan minimal SPF 30. Agar perlindungan tetap optimal, aplikasikan ulang setiap 3-4 jam.

Memakai Serum Vitamin C

Serum vitamin C dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, karena vitamin C memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Kandungan ini dapat mengurangi oksidasi yang menghasilkan melanin, serta memiliki sifat antiinflamasi yang membantu penyembuhan jerawat. Gunakan serum pencerah seperti vitamin C di pagi atau malam hari sebelum tidur.

Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Gunakan produk kecantikan yang mengandung AHA, BHA, retinoid, atau asam salisilat, namun jangan eksfoliasi setiap hari. Batasi penggunaannya 2-3 kali seminggu pada malam hari.

Ekstrak Grapeseed (Ekstrak Biji Anggur)

Kategori :