Tips and Trick Cara Mengeluarkan Angin Saat Badan Masuk Angin Hanya Lewat Pola Makan

Sabtu 28-09-2024,22:05 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Satu masalah perut yang sering dialami kebanyakan orang Indonesia, yakni masuk angin. Masuk angin menjadi salah satu jenis penyakit perut yang dialamai oleh semua usia, baik orang dewasa, Lansia bahkan bayi sekalipun bisa mengalami masuk angin.

Meksi tidak berbahaya, ada baiknya kamu memancarkan lebih tau bagaimana cara mengatasi perut kembung agar kamu bisa beraktifitas lebih nyaman tanpa terganggu oleh perut yang sakit. Salah satu gejalanya yang paling sering dirasakan saat masuk angin adalah perut kembung. Oleh karena itu banyak orang berusaha mencari cara untuk mengeluarkan angin dari perut.

BACA JUGA:Inilah 5 Tips Nyaman Nonton Konser Musik bagi Orang Introvert

Masuk angin tidak boleh disepelekan, karena jika terus menerus dibiarkan maka aktivitas bisa terganggu karena perut yang tidak nyaman. Oleh karena itu, saat kamu masuk angin, segera tangani dan obati dengan baik, Berikut ini adalah cara mengatasi masuk angin di rumah tanpa perlu dibawa ke dokter.

Cara Mengeluarkan Angin saat Badan Masuk Angin

Meskipun dalam dunia medis "masuk angin" belum dianggap sebagai penyakit yang serius.   Banyak masyarakat Indonesia yang tetap mempercayai adanya penyakit masuk angin.

BACA JUGA:Rundown Konser Sheila on 7 di Bandung, 28 September 2024

Mereka berpendapat bahwa penting untuk mengeluarkan gas dari dalam tubuh saat mengalami gejala masuk angin. Jika kamu juga percaya hal ini, berikut beberapa cara untuk mengeluarkan angin dari perut saat mengalami masuk angin:

1.       Minum Air Putih

Saat perut kembung, banyak orang cenderung mengurangi asupan udara, berpikir bahwa hal ini akan memperbaiki keadaan. Padahal, minum air putih bisa membantu mengeluarkan gas dalam perut. Ketika tubuh mengalami retensi udara, biasanya ia akan menahan cairan untuk menghindari dehidrasi yang dapat menyebabkan kembung.

Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan agar perut tidak kembung, serta membantu mengeluarkan gas yang terperangkap. Pastikan untuk meminum air putih dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Saat kamu merasa masuk angin dan kembung, mengonsumsi air putih bisa membantu meredakan rasa sakit dan mengeluarkan gas dari perut.

2.       Konsumsi Minuman Herbal

Minuman herbal seperti kamomil, kunyit, jahe merah, dan lemon dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan perut yang begah dan kembung. Sebaiknya konsumsi minuman ini dalam keadaan hangat untuk meningkatkan kenyamanan perut dan membantu mengeluarkan gas yang terperangkap.

3.        Minum Teh

Meminum teh juga bisa menjadi cara untuk mengeluarkan gas dari perut. Teh hijau dan teh hitam memiliki sifat diuretik yang dapat membantu mengatasi retensi cairan dalam tubuh. Dengan meminum teh, kamu dapat mengurangi dehidrasi yang sering kali menyebabkan perut kembung.

BACA JUGA:Tips Nonton Konser Sheila on 7 di Si Jalak Harupat Bandung Hari Ini

Cara ini juga dapat membantu dalam membuang cairan berlebih dari sistem tubuh, karena teh mengandung thearubigin yang mampu mengurangi gangguan pencernaan, serta theaflavin yang berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi pencernaan dari tukak lambung.

4.       Konsumsi Yogurt

Mengonsumsi yogurt bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi perut kembung. Cara ini efektif karena yogurt mengandung probiotik yang berbeda dari susu, karena melalui berbagai proses yang membuatnya lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Probiotik dalam yogurt dapat merangsang pertumbuhan bakteri dengan baik, sehingga mampu meredakan perut kembung. Untuk mempercepat pengeluaran gas, kamu dapat mengonsumsi yogurt bersama buah pepaya atau pisang.

5.       Konsumsi Semangka

Mengonsumsi semangka juga dapat membantu mengeluarkan gas dari perut. Kandungan kalium dalam semangka bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal dalam membuang urin.

Cara ini dapat mempercepat pengurangan perut kembung yang disebabkan oleh kelebihan gas atau cairan, semangka mengingat mengandung 92% udara, serta kaya akan elektrolit dan enzim yang membantu mencerna zat-zat seperti pemanis tambahan.

6.   Jahe

Mengonsumsi jahe adalah cara lain untuk mengeluarkan gas dari perut. Sifat anti inflamasi jahe efektif mengatasi perut kembung akibat produksi gas berlebih. Jahe mengandung enzim pencernaan bernama zingiAIN, yang membantu tubuh memecah protein.

Metode ini sangat ampuh melawan gas berlebih, karena dapat memberikan efek relaksasi. Setelah mengonsumsi jahe, usus bisa lebih tenang, peradangan usus besar dapat berkurang, dan proses pencernaan menjadi lebih lancar, yang pada gilirannya mengurangi produksi gas di dalam perut.

7.       Batasi Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Kembung

Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas tinggi. Contoh makanan tersebut termasuk makanan kaya serat, makanan ringan, produk olahan susu, dan kacang-kacangan. Makanan-makanan ini tidak dapat dicerna dengan baik oleh lambung dan usus halus.

Akibatnya, saat mencapai usus besar, makanan tersebut dipecah oleh bakteri, yang menghasilkan gas. Contoh makanan yang harus dibatasi meliputi kubis, kol, brokoli, asparagus, jamur, bawang, kismis, apel, pir, keju, dan yogurt.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Cemilan yang Cocok Dibawa saat Nonton Konser Musik

Meskipun demikian, tidak perlu sepenuhnya menghindari makanan ini, karena tetap penting untuk memenuhi kebutuhan gizi. Yang perlu dilakukan adalah membatasi jumlah agar tidak melebihi kembung.

8.       Makan dan Minum dengan Perlahan

Makan dan minum terlalu cepat dapat menyebabkan banyak udara masuk ke dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu, biasakan untuk makan dan minum secara perlahan agar perut tidak mudah kembung.

 

Kategori :