Rapor Biru Aplikasi Info Loker Karawang, Sembilan Bulan Serap 47.811 PKWT dan 7.073 Pemagangan

Rabu 02-10-2024,17:26 WIB
Reporter : WAHYUDI
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Aplikasi Info Loker Online milik Pemerintah Kabupaten Karawang sukses menekan angka pengangguran. Berdasarkan catatan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, sejak Bulan Januari hingga September 2024 sebanyak 47.811 orang sudah tercatat sudah menerima kontrak kerja (PKWT). Sedangkan sebanyak 7.073 orang tercatat telah melakukan proses pemagangan di perusahaan industri di Karawang. 

Kepala Disnakertrans Karawang Rosmalia Dewi mengatakan, mayoritas pekerja yang tercatat sudah melakukan PKWT dan proses pemagangan adalah warga Kabupaten Karawang. Rinciannya, untuk PKWT tercatat 26.094 adalah warga ber-KTP Karawang (NIK 3215)  dan 21.717 adalah warga ber-KTP luar Karawang (NIK non-3215)

Sedangkan dari 103 perusahaan yang sudah melakukan proses pemagangan, tercatat 4.907 orang ber-KTP Karawang dan 2103 ber-KTP dari luar Karawang. 

"Jika di total hampir 60 persen yang terserap bekerja adalah warga Karawang. Bahkan, yang ber-KTP non-3215 pun kemungkinan sudah menjadi warga Karawang (ber-KTP Karawang)," ungkap Rosmalia Dewi saat diwawancarai KBE, Selasa,(1/10) di ruang kerjanya. 

BACA JUGA:Bobotoh Karawang Awayday Huangzhou Tiongkok

Rosmalia menjelaskan, sejak diorbitkan empat tahun lalu. Aplikasi Info Loker Online ini secara efektif berhasil memangkas birokrasi panjang antara para pencari kerja dengan calon user yang sedang mencari tenaga kerja. Selain itu, website yang dikelola Diskominfo Karawang ini telah dinilai efektif memutus rantai calo tenaga kerja yang selama ini telah mengakar di kawasan industri. 

Salah satu wujud nyata dari suksesnya aplikasi info loker memutus rantai percaloan, bisa dilihat dari banyaknya gelombang protes dari sejumlah kelompok yang mengatasnamakan masyarakat yang ingin sistem ini dihapus. 

"Sudah ada puluhan ribu warga Karawang yang merasakan manfaat dari aplikasi ini. Mereka tidak perlu lagi keliling perusahaan mengantar surat lamaran, cukup melamar dari rumah saja. Jika kualifikasinya bagus maka akan diproses oleh perusahaan," kata Rosmalia. 

Dia juga menjelaskan, proses rekrutmen yang dilakukan Disnakertrans Karawang melalui aplikasi ini semuanya murni tanpa intervensi pemerintah. Terkait standar kualifikasi, proses seleksi, hingga penentuan penerimaan calon karyawan, semua ditentukan oleh perusahaan. 

BACA JUGA:Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Karawang Berikan Keringanan dan Diskon

"Aplikasi ini hanya sarana untuk memberikan kemudahan kepada putra-putri kami khususnya yang tinggal jauh dari pusat kota agar bisa mengakses lowongan yang tersedia. Untuk teknis rekrutmennya kami serahkan sepenuhnya kepada perusahaan," ujarnya. 

Disisi lain, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Soni Luthfi Rahman menambahkan, dari tahun ke tahun kepercayaan perusahaan terhadap ketersediaan calon pekerja di aplikasi info loker terus mengalami peningkatan. Selain jumlah perusahaan yang bergabung di aplikasi info loker semakin banyak, jumlah lowongan yang dibuka serta posisi yang tersedia di aplikasi ini pun mengalami peningkatan yang signifikan.  

"Jika tahun 2022-2023 jumlah perusahaan yang tergabung di Info Loker baru seratusan perusahaan. Di tahun 2024 ini tercatat ada 366 perusahaan yang bergabung dan membuka lowongan kerja di aplikasi kita," ungkap Soni. 

Tren kenaikan jumlah perusahaan yang buka lowongan di Info Loker Online, kata Soni, jadi semakin banyak ketika Bupati Karawang H. Aep Saepulloh memberikan apresiasi kepada perusahaan dalam bentuk piagam penghargaan.

Kategori :