Sering Makan-makanan Manis dapat Membuat Kulit Wajah Jadi Sensitif Lho

Kamis 03-10-2024,11:20 WIB
Reporter : Cindy
Editor : Cindy

 

Makanan manis, terutama yang tinggi gula, bisa merusak kulit wajah melalui beberapa mekanisme yang mempengaruhi kesehatan kulit. Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, kebanyakan makan-makanan manis akan membuat wajah gampang kemerahan dan bruntusan, bahkan ada yang sampai tumbuh jerawat. 

Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan memang bukanlah suatu hal yang baik, namun juga dapat mengundang penyakit yang lebih seriun. Oleh karena itu, mengontrol asupan makanan manis ke dalam tubuh harus mulai diperhatikan untuk membuat tubuh dan kulit tetap sehat dan terjaga.

Berikut adalah penjelasan rinci mengenai alasan makanan manis merusak kulit wajah serta rekomendasi makanan sehat yang bagus untuk kulit:

 

Alasan Makanan Manis Merusak Kulit Wajah

1. Proses Glycation atau Pengerasan Kolagen

Saat gula berlebih berada di aliran darah, gula akan menempel pada protein seperti kolagen dan elastin melalui proses yang disebut glycation. Proses ini yang akan menghasilkan senyawa yang disebut Advanced Glycation End Products (AGEs), yang merusak protein tersebut. Kolagen dan elastin adalah dua protein penting yang menjaga kulit tetap kencang, elastis, dan awet muda. Ketika mereka rusak oleh AGEs, kulit menjadi lebih rentan terhadap keriput, kehilangan elastisitas, dan tampak kusam.

2. Peningkatan Produksi Minyak atau Sebum

Mengonsumsi gula berlebihan akan menyebabkan lonjakan kadar insulin di dalam tubuh. Peningkatan insulin ini akan merangsang produksi hormon androgen, yang pada gilirannya merangsang kelenjar sebaceous untuk memproduksi lebih banyak sebum (minyak). Hal ini pastinya akan memberikan efek kepada tubuh kita. Kelebihan produksi sebum bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat atau komedo. Ini adalah salah satu alasan mengapa konsumsi makanan manis dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat.

3. Peradangan atau Inflamasi

Gula dapat memicu respons peradangan dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat, memicu reaksi peradangan. Efek yang akan terjadi pada kulit yaitu adanya peradangan. Peradangan kronis pada kulit dapat memperburuk masalah kulit seperti jerawat, rosacea, dan kondisi kulit sensitif lainnya. Kulit yang meradang juga lebih cepat mengalami penuaan dini.

BACA JUGA: Makanan Pengganti Gula Ini Bagus dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

4. Kerusakan Antioksidan Alami Kulit

Kategori :