Makanan Pengganti Gula Ini Bagus dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Makanan Pengganti Gula Ini Bagus dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

Makanan Pengganti Gula Ini Bagus dikonsumsi untuk Penderita Diabetes--By Klikdokter

 

Bagi penderita gula darah tinggi atau diabetes, penting untuk mengontrol asupan gula. Mengganti gula dengan pemanis alami yang tidak menyebabkan lonjakan gula darah bisa menjadi solusi yang sehat. 

Tentunya, lonjakan para penderita gula darah tinggi yang kebanyakan para remaja dan dewasa ini disebabkan oleh konsumsi makanan mereka yang banyak mengandung gula ataupun bahan pengawet. Seperti junkfood, makanan kalengan, minuman-minuman yang banyak mengandung gula seperti boba, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa makanan atau bahan alami yang bisa dijadikan pengganti gula:

Makanan Pengganti Gula

1. Stevia

Stevia merupakan pemanis alami yang berasal dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam daun stevia ini. Stevia tidak mengandung kalori dan memiliki indeks glikemik nol, yang berarti tidak akan mempengaruhi kadar gula darah. Stevia juga 200-300 kali lebih manis daripada gula biasa, jadi hanya sedikit yang diperlukan untuk memberikan rasa manis. Untuk penggunaannyapun stevia ini cocok untuk minuman, kue, dan makanan penutup.

2. Madu

Madu adalah pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Meskipun mengandung kalori dan karbohidrat, madu memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah secepat gula pasir. Selain itu, madu juga mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral. Untuk penggunaannya sendiri, madu bisa digunakan dalam teh, roti panggang, atau sebagai pemanis alami untuk berbagai makanan.

3. Erythritol

Erythritol ini adalah jenis gula alkohol yang secara alami ditemukan dalam beberapa buah-buahan seperti melon, anggur, dan pir. Karena merupakan salah satu gula alami, erythritol memiliki banyak sekali manfaat. Erythritol memiliki 70% kemanisan gula biasa, tetapi hampir tidak mengandung kalori dan indeks glikemiknya mendekati nol. Ini tidak menyebabkan lonjakan gula darah atau insulin. Kalian bisa gunakan erythritol ini untuk apasaja karena cocok untuk memanggang, memasak, dan juga pelengkap minuman.

BACA JUGA: Bibir Sering Berdarah? Ini lho Cara Mengatasinya

4. Xylitol

Selanjutnya ada xylitol. Xylitol adalah pemanis alami yang diekstraksi dari serat tumbuhan seperti jagung atau pohon birch. Mengandung lebih sedikit kalori daripada gula dan memiliki indeks glikemik rendah. Xylitol tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang signifikan dan juga baik untuk kesehatan gigi. Xylitol ini cocok digunakan untuk permen karet, permen, dan makanan panggang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: