Ratusan Warga Desa Krecek Keracunan: Inilah Ciri Makanan dan Minuman yang Kedaluarsa

Kamis 03-10-2024,17:28 WIB
Reporter : Zaidiyah
Editor : Zaidiyah

Pada Selasa, 1 Oktober 2024 terjadi keracunan massal yang dialami oleh ratusan orang di Desa Krecek, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. 

Dilansir dari liputan.6 bahwa Manajemen Rumah Sakit Kabupaten Kediri memberikan konfirmasi atas kejadian tersebut sebanyak 127 orang diduga keracunan. Mereka terdiri orang dewasa hingga anak-anak.

Warga sebelumnya mengikuti pengajian di desa tersebut. Mereka mendapatkan jajanan serta minuman. Kemudian, mereka mengalami muntah-muntah hingga muntaber ketika dibawa ke RS. 

Dengan adanya kejadian seperti ini, menjadi suatu hal yang menjadi waspada bagi kita. Sudah seharusnya kita lebih memperhatikan makanan atau minuman sebelum dikonsumsi agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan. 

BACA JUGA:Tahukah Moms ASI Bisa Menjadi Basi? Berikut Ciri-ciri ASI Basi Beserta Efek Sampingnya Bagi Bayi

Lalu, bagaimana cara kita membedakan mana makanan yang sudah kadaluarsa atau belum? Yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

Ciri-Ciri Makanan atau Minuman yang Sudah Kadaluarsa

Makanan atau minuman yang sudah kadaluarsa dapat dikenali melalui beberapa ciri-ciri yang jelas. Berikut adalah beberapa tanda yang perlu diperhatikan:

1. Perubahan Warna

Makanan yang kadaluarsa sering kali menunjukkan perubahan warna. Misalnya, sayuran dan buah-buahan mungkin menjadi lebih gelap atau tampak layu.

2. Bau yang Tidak Sedap

Jika makanan atau minuman mengeluarkan bau yang aneh atau tidak sedap, ini bisa menjadi indikasi bahwa produk tersebut sudah tidak layak konsumsi.

BACA JUGA:Makanan Pengganti Gula Ini Bagus dikonsumsi untuk Penderita Diabetes

3. Tekstur yang Berubah

Makanan yang sudah kadaluarsa mungkin memiliki tekstur yang berbeda, seperti menjadi lembek, berlendir, atau keras.

4. Kemasan yang Rusak

Jika kemasan makanan atau minuman sudah rusak atau bocor, ini juga merupakan tanda bahwa isinya mungkin sudah tidak aman untuk dikonsumsi.

5. Rasa yang Tidak Normal

Mencicipi sedikit makanan atau minuman yang mencurigakan dapat membantu. Jika rasanya aneh atau tidak seperti biasanya, sebaiknya jangan dikonsumsi.

BACA JUGA:Produk Kadaluarsa Beredar di Pasaran, Disperindag dan Satpol PP Kabupaten Karawang Harus Bertindak Tegas

Memperhatikan ciri-ciri ini sangat penting untuk mencegah keracunan makanan dan menjaga kesehatan.

Kategori :