Produk Kadaluarsa Beredar di Pasaran, Disperindag dan Satpol PP Kabupaten Karawang Harus Bertindak Tegas

Produk Kadaluarsa Beredar di Pasaran, Disperindag dan Satpol PP Kabupaten Karawang Harus Bertindak Tegas

Direktur Karawang Monitoring Group (KMG), Imron Rosadi--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Satpol PP Kabupaten Karawang didesak untuk segera melakukan sidak terhadap produk-produk kadaluarsa yang beredar di pasaran.

Selama bulan puasa hingga menjelang lebaran kebutuhan masyarakat terhadap makanan dan minuman dipastikan melonjak. Hal ini kerap kali dimanfaatkan oleh produsen maupun distributor nakal yang ingin meraup keuntungan tinggi.

Direktur Karawang Monitoring Group (KMG), Imron Rosadi, menyampaikan, pada saat permintaan pasar tinggi, para oknum produsen maupun distributor itu biasanya akan mengeluarkan stok produk lama untuk memenuhi permintaan pasar tersebut.

BACA JUGA:Banjir di Desa Karangligar Mulai Surut, Warga yang Mengungsi Mulai Kembali Kerumah

"Mereka akan menjual stok lamanya itu ke pasaran, yang penting laku, karena kalau dibuang sayang. Mereka juga memanfaatkan momen puasa dan lebaran ini untuk mendapatkan keuntungan yang besar," ungkap Imron.

Ia menjelaskan, produk-produk kadaluarsa yang sering menjadi temuan di peredaran pasar itu dari mulai stok bahan makanan sampai kosmetik, seperti bumbu instan, mie instan, tepung, roti, keripik, susu, kosmetik dan lainnya.

Ia meminta Pemkab Karawang untuk melakukan upaya perlindungan konsumen dengan mengantisipasi peredaran produk-produk kadaluarsa di pasaran.

"Disperindag dan Satpol PP Kabupaten Karawang harus bertindak tegas, sidak langsung ke setiap retail modern dan pasar tradisional," jelas Imron.

BACA JUGA:Bus Primajasa dan Truk Tabrakan di Karawang, Satu Orang Tewas

Imron mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mengecek dan memastikan tanggal kadaluarsa dari setiap produk-produk yang dibelinya. 

"Masyarakat harus paham dengan tanggal produksi dan kadaluarsa produk yang dibelinya. Karena banyak produsen maupun distributor nakal yang menghalalkan berbagai cara agar produknya terjual," kata Imron. (Siska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/