94 Persen PAUD di Karawang Sudah Terakreditasi, BAN-PDM Jabar Gelar Sosialisasi Akreditasi di SIT Lampu Iman

Rabu 09-10-2024,11:25 WIB
Reporter : AYI
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang menyebutkan, 94 persen lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Karawang sudah terakreditasi.

"Alhamdulillah, dari total 1.441 satuan pendidikan PAUD yang ada di Karawang, 1.349 lembaga atau 94 persennya sudah terakreditasi," ujar Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Disdikpora Karawang, Kosim Taryana, kepada KBE, saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang digelar BAN-PDM Provinsi Jabar, di SIT Lampu Iman Karawang, Selasa (8/10/2024).

Kosim menjelaskan, 1.441 lembaga PAUD yang ada di Karawang terdiri dari KB, SPS, TK/TKQ dan TPA. Kemudian, 94 persen lembaga yang sudah terakreditasi memiliki peringkat akreditasi yang berbeda-beda, mulai dari C, B hingga yang tertinggi A.

"Kami targetkan seluruh lembaga PAUD di Karawang sudah terakreditasi di tahun 2025. Selain itu, lima hingga sepuluh tahun ke depan mayoritas lembaga PAUD di Karawang diharapkan sudah terakreditasi A," ucap Kosim.

BACA JUGA:Pasangan ASIH Resmi Kukuhkan Tim Pemenangan di Pilgub Jabar 2024, Berikut Susunannya

BACA JUGA:Kisruh Uang 'Kadeudeuh' Bagi Para Purna ASN Karawang Belum Dibayarkan

Lebih lanjut Kosim meminta, agar lembaga PAUD di Karawang tidak menjadikan akreditasi yang mengacu pada delapan standar nasional pendidikan (SNP) sekadar seremoni. Sebaliknya, harus menjadikan akreditasi sebagai tujuan awal dalam upaya meningkatkan kualitas lembaga, sehingga bisa melahirkan lulusan yang berkualitas.

"Jangan cepat berpuas diri, lembaga yang terakreditasi C harus semangat meningkatkan ke B, yang B tingkatkan ke A, begitu juga yang A terus tingkatkan kualitasnya hingga bertaraf internasional," pinta Kosim.

Dihubungi terpisah, Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) Provinsi Jabar, Tata S. Wirasasmita mengatakan, capaian 94 persen lembaga PAUD di Karawang yang sudah terakreditasi merupakan angka persentase yang tinggi di Jawa Barat.

"Karena masih ada kota atau kabupaten lainnya di Jabar yang capaian angka persentasenya masih berada di bawah Karawang," ujar Tata.

Sementara itu, Asesor BAN-PDM Provinsi Jabar, Devi Sulaeman menambahkan, kegiatan sosialisasi akreditasi PAUD di SIT Lampu Iman Karawang diikuti sebanyak 54 lembaga.

BACA JUGA:Survey Lahan Desa Sukaresmi, BPKAD Kabupaten Bekasi Diduga Kangkangi Putusan Pengadilan

BACA JUGA:Dinas Perikanan Karawang Gencar Mendorong Penerbitan Sertifikasi CPIB dan CBIB

"Lembaga PAUD yang terlibat berasal dari tiga daerah yaitu Kabupaten Karawang (40), Kabupaten Subang (9) dan Kabupaten Purwakarta (5)," sebut Devi.

Kategori :