Jenis Medical Check Up Sebelum Menikah, Calon Pengantin Harus Tahu!

Sabtu 12-10-2024,21:13 WIB
Reporter : Putri
Editor : Putri

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pernikahan adalah momen istimewa yang memerlukan persiapan matang. Namun, bukan hanya soal perayaan, pernikahan juga merupakan komitmen seumur hidup.

Salah satu langkah penting yang sering terlewatkan dalam persiapan adalah melakukan medical check-up pranikah.

Medical check up sebelum menikah apa saja yang perlu dilakukan?

BACA JUGA:KPA Karawang Menemukan 11 Calon Pengantin Terpapar HIV/AIDS, Rata-rata Calon Mempelai Pria

Apa Itu Medical Check-Up Pranikah?

Medical check-up (MCU) pranikah atau skrining pranikah adalah serangkaian tes kesehatan bagi calon pengantin untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka. Meskipun belum umum di Indonesia, pemeriksaan ini bertujuan untuk mengidentifikasi status kesehatan pasangan yang dapat bermanfaat bagi kehidupan rumah tangga di masa depan.

Melalui MCU pranikah, calon pengantin dapat memeriksa apakah ada risiko atau riwayat kesehatan yang menular atau dapat diwariskan. Pemeriksaan ini juga bisa mendeteksi potensi masalah kesehatan pada keturunan, yang dapat dicegah dengan penanganan yang tepat.

Pentingnya Medical Check-Up Pranikah

Kesadaran akan pentingnya MCU pranikah masih rendah. Padahal, kondisi kesehatan calon orang tua akan memengaruhi kehamilan dan kesehatan anak di masa depan. Oleh karena itu, medical check-up pranikah penting untuk perencanaan keluarga yang sehat.

Skrining pranikah juga memberikan manfaat bagi kehidupan pasangan, seperti:

- Mengidentifikasi penyakit menular seperti TORCH, hepatitis B, hepatitis C, dan HIV/AIDS.

- Mendeteksi kelainan genetik seperti anemia sel sabit, thalassemia, dan hemofilia.

Dengan melakukan pemeriksaan ini, risiko penularan penyakit pada anak dapat diminimalisir, misalnya mengurangi risiko thalassemia pada bayi yang lahir dari orang tua dengan masalah hemoglobin.

Waktu yang Tepat untuk Medical Check-Up Pranikah

Idealnya, MCU pranikah dilakukan enam bulan sebelum pernikahan. Waktu ini memberikan kesempatan untuk menangani masalah kesehatan yang ditemukan, sehingga risiko bagi pasangan dan calon anak dapat dikurangi.

BACA JUGA:Pacaran Lama Tapi Pasangan Belum Siap Menikah, Bisa Jadi Ini Alasanya !

Jenis-Jenis Medical Check-Up Pranikah

Medical check-up pranikah berfokus pada penyakit infeksi, kesehatan reproduksi, dan kondisi genetik yang dapat diwariskan. Berikut adalah beberapa pemeriksaan yang umum dilakukan:

Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus

Kategori :