Mengenal Gejala Depresi pada Remaja, Ini Tanda-Tandanya yang Mesti Diwaspadai

Minggu 13-10-2024,10:11 WIB
Editor : Ilham Prayogi

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Depresi pada remaja seringkali sulit dikenali karena gejalanya mungkin berbeda dengan Depresi pada orang dewasa dan mungkin tertutupi oleh perubahan suasana hati yang umum terjadi pada masa remaja. 

Gejala Depresi pada Remaja 

1. Perubahan Suasana Hati yang Parah

Remaja yang mengalami depresi sering mengalami perubahan suasana hati yang parah, termasuk merasa sedih, cemas, dan hampa dalam jangka waktu yang lama. Mereka mungkin menjadi mudah tersinggung tanpa alasan yang jelas.

2. Penarikan diri dari pergaulan

Salah satu tanda depresi pada remaja adalah kecenderungan menarik diri dari keluarga, teman, atau aktivitas yang biasa mereka nikmati. Remaja lebih cenderung mengunci diri di kamar, menghindari acara sosial, dan kehilangan minat pada hobi.

3. Perubahan pola tidur

Depresi dapat menyebabkan masalah pada pola tidur. Remaja mungkin tidur lebih lama dari biasanya (hipersomnia) atau sulit tidur (insomnia). Kedua pola tersebut dapat memengaruhi energi dan aktivitas sehari-hari.

4. Penurunan prestasi akademik

Depresi dapat mempengaruhi konsentrasi dan motivasi sehingga dapat mempengaruhi prestasi akademik. Remaja cenderung akan memperoleh nilai yang lebih rendah, kehilangan minat di sekolah, atau berhenti menghadiri kelas sama sekali.

5. Perubahan Nafsu Makan dan Berat Badan

Perubahan nafsu makan yang signifikan, baik meningkat maupun menurun, dapat menjadi gejala depresi. Hal ini bisa menyebabkan berat badan berubah dengan cepat tanpa alasan yang jelas.

6. Perasaan tidak berharga atau bersalah

Remaja dengan depresi sering kali merasa tidak berharga, tidak berdaya, atau sangat bersalah atas kesalahan kecil hingga masalah yang mereka yakini tidak dapat mereka atasi.

Kategori :