5 Barang Tak Benda yang Hampir Diklaim Kepemilikan Malaysia yang Sukses Bikin Netizen +62 Naik Darah

Senin 21-10-2024,11:42 WIB
Reporter : Rizsa
Editor : Rizsa

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia terus menjaga dan melestarikan budaya asli nenek moyang agar tidak terlupakan   dan di akui oleh negara lain. Nyatanya ada beberapa budaya asli Indonesia yang sempat diakui oleh negara tetangga. Budaya apa sajakah itu?

 

Indonesia merupakan negara sub tropis di asia Tenggara, Negara berlambang burung garuda ini berdekatan dengan sejumlah tetangga asia lainnya. Seperti Papua Neugenie, Timor Leste, Singapura sampai Malaysia.  

BACA JUGA:Lagu Pok Ame Ame ditiru Penyanyi Asal Malaysia. Netizen Indonesia Naik Pitam, Berikut Klarifikasinya.

 

Masing masing negara tersebut memiliki adat dan budaya yang berbeda. Hanya saja, dalam beberapa kondisi ada beberapa budaya adli sebuah negara yang diakui oleh negara lain karena keterbatasan jarak negara sampai sesame rumpun melayu.

 

Malaysia jadi salah satu negara yang kerap mengakui kepemilikan warisan budaya milik Indonesia sebagai budaya Malysia. Pengakuan ini lantas memicu pembincangan warganet dan menjadi sorortan banyak Masyarakat.

 

Salah satu warisan budaya yang diakui Malaysia adalah Reog Ponorogo. Upaya Malaysia mengakui kepemilikan Reog terjadi sudah lama sejak tahun 2007. Dimana saat itu diketahui jika situs Kementerian Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Budaya Malaysia memasang gambar reog. Hal ini memicu reaksi dari masyarakat Indonesia. Malaysia bahkan berencana mengusulkan Reog ke UNESCO.

BACA JUGA: 5 Kuliner Khas Nusantara yang Pernah Diakui Oleh Malaysia, Ada Ketupat Sampai Rendang

 

Bukan Cuma Reog, pemerintah Indonesia turut mengajukan nominasi lainnya, yaitu Tempe, Jamu, Tenun Indonesia dan Kolintang agar tidak dicuri oleh negara lain.

 

5 Barang Tak Benda Warisan Budaya Indonesia yang Sempat Diklaim Malaysia

 

Malaysia telah berulang kali berusaha mengklaim warisan budaya Indonesia. Warisan budaya tersebut mencakup berbagai aspek, seperti tarian, lagu, makanan, alat musik, pakaian, olahraga, hingga alat kesenian.

 

Berikut ini merupakan sejumlah barang tak benda seperti keris, Wayang sampai Pencak Silat asli Indonesia yang hendak diakui kepemilikan asli Indonesia. Simak informasinya disini

1.  Pencak Silat

 

UNESCO secara resmi mengakui pencak silat dari Indonesia sebagai warisan budaya tak benda. Penetapan ini dilakukan pada sidang ke-14 Intergovermental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Bogota, Kolombia, pada Kamis, 12 Desember 2019.

BACA JUGA:5 Karya Seni Tari Tari dan Musik Asli Indonesia yang Sempat Diklaim Milik Malaysia

 

Sebelum ditetapkan, usulan tersebut melalui berbagai tahapan, termasuk pemeriksaan oleh komite dan tim ahli. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjelaskan bahwa proses pengakuan ini memakan waktu dua tahun sejak diusulkan pada tahun 2017

 

Dalam sidang tersebut, disepakati bahwa pencak silat dimasukkan ke dalam UNESCO Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity . Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan. Hanya saja UNESCO juga sempat mengakui keberadaan Silat yang berasal dari Malaysia.

2.  Wayang Kulit

 

Desainer asal Malaysia, Jaemy Choong , pernah menjadi sorotan karena dianggap mengklaim wayang kulit sebagai kepemilikan budaya asal Malaysia. Klaim tersebut bahkan diterapkan pada motif sepatu Adidas yang membuat warganet Indonesia marah dan memenuhi akun Instagram Singapura.

BACA JUGA:Dari Prajurit, Ajudan Sampai Sekertaris Kabinet, Iniloh Profil Mayor Teddy

 

Malaysia juga meniru budaya Indonesia saat Miss Grand Malaysia mengenakan kostum wayang kulit. Mel Dequanne Abar. Miss Grand Malaysia 2019, mengenakan kostum nasional bertema wayang kulit saat berkompetisi di ajang Miss Grand International yang diadakan di Venezuela. Kejadian tersebut lantas menuai sorotan dan perbincangan Masyarakat Indonesia.

3.  Keris

Kategori :