Gerhana Bulan Total di Karawang dan Jawa Barat Terhalang Cuaca Mendung

Gerhana Bulan Total di Karawang dan Jawa Barat Terhalang Cuaca Mendung

pengunjung sedang memantau fenomena gerhana bulan total di Observatorium Albiruni Unisba, Jalan Taman Sari, Kota Bandung, Artikel ini telah tayang di JPNN.com dengan judul "Gerhana Bulan Total di Bandung Terhalang Cuaca Mendung", https://jabar.jpnn.com/j-jpnn-

 
karawangbekasi.disway,id- Peristiwa gerhana bulan yang terjadi sore tadi tidak bisa dilihat mata karena terhalang cuacara mendung.

Hal itu terjadi di Karawang dan sejumlah daerah di Jawa Barat.

Sementara Obeservatorium Albiruni Universitas Islam Bandung (Unisba) melakukan pengamatan gerhana bulan total pada Selasa  8 November 2022 petang. Namun, fenomena luar biasa itu terhalang kondisi cuaca yang mendung. Akibatnya, maksimum gerhana pukul 17.59 WIB tidak bisa terlihat.

Dijelaskan Wakil Kepala Observatorium Albiruni Unsiba, Fahmi Fatwa mengatakan pemantauan gerhana bulan total akan sulit dilihat lantaran kondisi langit  yang diselimuti awan gelap.

BACA JUGA:Tinjau Lokasi Kebakaran, Ridwan Kamil Ingatkan Pelayanan Publik di Bandung Tetap Maksimal

“Pantauan kondisi cuaca kami akan sulit mengamati bulan. Posisi bulan sudah terbit tetapi terhalang awan,” katanya ditemui di lokasi.

Meski begitu, menurutnya tim peneliti masih akan melakukan pengamatan hingga pukul 19.59 WIB. Mahasiswa Unisba dan pengunjung pun tampak masih memadati Observaotorium Albiruni.

“Sampai pukul 19.59 WIB masih dilakukan pengamatan. Siapa tahu posisi awan bagian ufuk (terlihat),” tuturnya.

Kembangkan Potensi Pangan Jawa Barat, Bapanas Fokus Pemutakhiran Logistik Dia menjeaskan bila cuaca mendukung, Observatorium Albiruni bakal melakukan pengamatan dengan tiga buah teropong, yakni dua teropong digital dan satu teropong manual yang kemudian visualnya disiarkan langsung di Masjid Al-Asy’ari Unisba. “Tadinya mau via zoom, terus live ke masjid. Jadi, tetap dilaksanakan salat gerhana,” tuturnya. (jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: