Tinjau Gempa Cianjur, Kang Emil Pastikan Korban Tertangani Maksimal

Tinjau Gempa Cianjur, Kang Emil Pastikan Korban Tertangani Maksimal

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau korban gempa bumi yang dirawat di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022). Gubernur juga menginap di Cianjur guna memantau penanganan korban gempa.--

CIANJUR, KARAWANG BEKASI. DISWAY. ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tinjau korban gempa bumi yang dirawat di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022). 

Kang Emil, sapaan akrab Gubernur Jabar itu langsung menginap di Cianjur guna memantau penanganan korban gempa. 

Gempa tektonik berkekuatan M 5,6 terjadi pukul 13.21 WIB dengan dengan episentrum sebelah barat daya Cianjur di kedalaman 10 kilometer. 

BACA JUGA:Logistik Bencana Disalurkan, Ridwan Kamil Imbau Tetap Waspada Gempa Susulan di Cianjur

Saat tiba di RSUD, terlihat mobil ambulans terus berdatangan membawa korban untuk penanganan medis.

Banyaknya korban membuat penanganan medis terpaksa dilakukan di halaman depan RSUD dengan bantuan tenda darurat dari TNI. 

BACA JUGA:46 Orang Tewas dan 700-an Terluka Imbas Gempa M 5,6 Cianjur

Tim medis dan beberapa ambulans dari RSHS Bandung pun mulai diperbantukan untuk menangani korban luka. Gubernur Ridwan Kamil menginginkan semua korban luka ditangani medis secara maksimal. 

"Saya koordinasikan tim dari RSHS, ambulans dan tim medisnya diarahkan ke Cianjur untuk mengantisipasi di sini tidak memungkinkan, minimal tidak boleh ada warga yang tidak tertangani secara medis," kata Ridwan Kamil. 

BACA JUGA:Gempa Cianjur Luluh Lantahkan Rumah dan Fasilitas Umum, Gedung DPRD Ambrol

Kang Emil mengungkapkan, gempa mengakibatkan banyak sekali bangunan luluh lantak. Jumlah korban pun kemungkinan besar bisa terus bertambah. 

"Per menit ini ada pertambahan data korban yang meninggal dunia, yaitu 56 orang warga Cianjur, dan 700 lebih luka-luka. Diperkirakan banyak warga yang terperangkap di tempat kejadian, kita asumsikan korban akan terus bertambah," ungkapnya. 

BACA JUGA:Gempa Goyang Jabodetabek, Warga di Kota Bekasi Sempat Keluar Rumah

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan TNI/ Polri dan BPBD, khususnya yang bertugas di desa-desa agar segera memberikan data terkait situasi yang terjadi. Hal ini mengingat kondisi geografis Cianjur yang banyak tempat terpencil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: