Ajak Pemuda Tingkatkan Kualitas Demokrasi Kang Emil: Tak Ada Saling Merendahkan Lawan Politik

Ajak Pemuda Tingkatkan Kualitas Demokrasi Kang Emil: Tak Ada Saling Merendahkan Lawan Politik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pembicara pada program CNN Indonesia “The Nation Fest - Political Roadshow” di Balai Prawiro Purnomo Universitas Indonesia, Kota Depok, Rabu (30/8/2023)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID – Pemilihan Umum akan kembali dilangsungkan pada 14 Februari 2024 mendatang. Pemilu 2024 terdiri dari pemilihan legislatif, presiden dan wakil presiden, juga pemilihan kepala daerah. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak generasi muda, terutama pemilih-pemilih baru untuk ikut berkontribusi membawa kualitas demokrasi menjadi naik kelas. 

Menurutnya, hal tersebut penting karena pesta demokrasi pemilu akan menentukan kesejahteraan masyarakat selama kepemimpinan mendatang. 

BACA JUGA:Puncak Peringatan HUT ke-78 RI di Jatirangga, Diisi Beragam Perlombaan dan Peresmian Taman Kreatif

“Kita harus menaikkelaskan kualitas demokrasi kita menjadi ajang pemilihan pemimpin-pemimpin yang berkualitas,” ujar Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil pada acara CNN Indonesia ‘The Nation Fest - Political Roadshow" di Balai Prawiro Purnomo Kampus Universitas Indonesia, Kota Depok, Rabu (30/8/2023). 

“Karena keputusan mereka akan memengaruhi apakah sekolah gratis, kesehatan gratis, hak ibu dan anak, dan lansia. Itu politik, sebuah sistem yang dijalankan untuk menentukan masa depan,” sambungnya. 

BACA JUGA:Walkot Bekasi Lantik Sekda dan Rotasi Para Kepala Dinas, Utak-Atik Pejabat di Ujung Masa Jabatan

Kang Emil menyebutkan, hasil survei menunjukkan bahwa dari sekitar 120 orang pemilih muda, yang peduli terhadap politik ternyata kurang dari 20 persennya. 

Ia menilai, hasil tersebut cukup menyedihkan karena memberikan efek domino terhadap rendahnya angka partisipasi generasi muda dalam pemilu. 

BACA JUGA:Baliho Caleg Bertebaran di Purwakarta, Bawaslu: Bukan Kampanye

“Jadi poin saya satu, tolong jangan apatis. Mudah-mudahan tahun depan berpartisipasi menentukan langkah,” katanya. 

Kang Emil pun berpesan agar pada pemilu 2024 tidak ada lagi perpecahan dengan saling merendahkan lawan politik. Dengan demikian kualitas demokrasi dapat sukses atau dapat dikatakan naik kelas. 

BACA JUGA:Komisi III Minta BPBD Harus Aktif Cek Wilayah Krisis Air Bersih

“Pesan saya, berkampanyelah dalam kebaikan, nggak usah ada black campaign, jelek-jelekin lawan. Kalau itu terjadi, berarti kita naik kelas, demokrasi yang mahal ini menghasilkan sebuah kualitas yang luar biasa menuju Indonesia yang makin keren dan maju,” tegasnya.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: