Ganjar Ajak Ribuan Kades di Jabar Terapkan Sikap Antikorupsi

Ganjar Ajak Ribuan Kades di Jabar Terapkan Sikap Antikorupsi

Ganjar Pranowo menghadiri acara halal bi halal bertemakan ‘Desa Baik, Indonesia Tangguh’ di Taman Prabuwangi, Bandung. (Foto: Dok Humas DPD PDIP Jabar)--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID -- Ribuan kepala desa (kades) se-Jabar menyambut meriah kedatangan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo di Kota Bandung, Jabar, Minggu (14/5/2023).

Ribuan Kades se-Jabar menyambut Ganjar dalam acara halal bi halal bertemakan ‘Desa Baik, Indonesia Tangguh’ di Taman Prabuwangi, Jalan Pacuan Kuda No. 50A, Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Bandung.

Ganjar Pranowo yang datang mengenakan kemeja putih dengan kopiah hitam langsung disambut tari lengser dari upacara adat sunda lengseran di pintu masuk lokasi acara. Iring-iringan bendera merah putih dengan alunan lagu sunda dan payung khas kerajaan yang disuguhkan kepada Ganjar mewarnai sambutan adat Jabar tersebut.

BACA JUGA:Biografi Budiyanto, S.Pi. :Memulai Karier Politik Sebagai DPRD

Riuh ribuan kades pun seketika menggema saat Ganjar berjalan mendekati venue acara menuju bibir panggung. Suasana terasa meriah karena banyak di antara Kades yang mengerubungi Ganjar.

“Pak Ganjar foto dulu Pak. Pak Ganjar!” teriak ribuan Kades yang menyambut.

Mereka spontan mendekati Ganjar untuk sekadar bersalaman dan berfoto bersama. Antusiasme tersebut disambut Ganjar dengan melayani salam dan foto dengan senyuman.

BACA JUGA:Ono Surono Dampingi Ganjar Sapa Warga di Bandung, Ganjar Presiden Nu Urang

“Ya terima kasih semuanya, sehat-sehat selalu ya,” tandas Ganjar.

Dalam sambutannya di atas panggung, Ketua Dewan Pembina Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) itu mengajak para Kades se-Jabar untuk menerapkan sikap antikorupsi.

Terlebih lagi, kata Ganjar, sebagaimana Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Kades memiliki wewenang dalam mengelola dana desa.

BACA JUGA:Pertanggung Jawaban BOS dan BOPD SMKN 4 Kuningan Tidak Sah, Ini Sebabnya!

“Saya ingatkan tidak dikorupsi. Pesan betul saya, jangan korupsi. Kalau itu dilakukan, sudah pasti kepercayaan masyarakat pasti turun,” kata Ganjar.

Ganjar Ajak Kades Tulus Layani Masyarakat

Selain itu, Ganjar juga mengajak para kades untuk tulus melayani masyarakat desa dengan pelayanan-pelayanan birokrasi yang mudah dan cepat. Apalagi kini pelayanan bisa dilakukan secara digital.

“Tata kelola mesti ada tapi administrasinya juga tidak terlanggar. Maka sebenarnya aplikasi yang paling gampang. Melaporkannya gampang,” kata dia.

Ganjar juga mengajak seluruh kepala desa untuk taat dalam aturan pengelolaan dana desa yang selama ini banyak masalah dalam hal penggunaan nya serta pertanggung jawaban nya.

BACA JUGA:Dukung Perkembangan Olahraga Gateball, Gubernur: Harus Mampu Tingkatkan Kebahagiaan

Dana desa seharusnya dapat di Kelola untuk pembangunan insfratruktur desa seperti perbaikan jalan desa, drenase, serta penerangan jalan desa. Selain itu, dana desa juga dapat membantu warga untuk mandiri atau membuat usaha sendiri dengan memanfaatkan program BUMDES.

Dalam kesempatan tersebut, Ganjar juga menyempatkan berbincang langsung dengan sejumlah Kades. Ganjar dan Kades berbagi pengalaman soal pengelolaan desa di wilayahnya masing-masing.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: