Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipastikan Beroprasi Bulan Agustus Mendatang

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dipastikan Beroprasi Bulan Agustus Mendatang

Uji Coba Tahap Awal Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: Okky firmansyah/diswayjabar)--

KARAWANGBEKASIDISWAY.ID-  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung bisa beroperasi mulai Agustus 2023. Saat ini jalur kereta api tersebut telah selesai dibangun.

"Alhamdulillah, pembangunan jalur kereta api cepat sudah selesai. Sekarang selama 2-3 bulan adalah pengetesan rangkaian kereta apinya dan pelatihan SDM yang akan mengoperasikannya. Mohon doanya. Jika tidak ada halangan lagi, Agustus 2023 bisa mulai dioperasikan," tulis Ridwan Kamil dalam unggahan akun instagramnya, Rabu (31/5).

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini menegaskan, kereta api tercepat di ASEAN ini tidak hanya sebagai transportasi massal menghubungkan Jakarta-Bandung, namun juga menjadi katalis pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah-wilayah yang ada stasiunnya.

BACA JUGA:Uji Coba Kereta Cepat 180 Km/Jam, Jakarta-Bandung 1 Jam

"Rencana tahap-2 adalah menghubungkan Bandung-Surabaya via Bandara Kertajati," kata Ridwan Kamil.

Ridwal Kamil berharap kemajuan bersejarah di Jawa Barat ini membawa kebanggaan dan kesejahteraan bagi masyarakat Jawa Barat dan Indonesia.

"Alhamdulillah. Membanggakan. Hatur Nuhun," lanjutnya.

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melakukan Testing & Commissioning buat memastikan kesiapan sarana dan prasarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Pengujian ini dilakukan menggunakan Comprehensive Inspection Train atau Kereta Inspeksi KCJB.

BACA JUGA:Tegangan Listrik Tinggi, PT KCIC Himbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Area Jalur Kereta Cepat

Dalam pengoperasiannya, kereta inspeksi memeriksa jaringan kelistrikan, persinyalan, komunikasi, dan kondisi KCJB. Kereta Inspeksi memiliki ciri khas berupa badan kereta yang berwarna kuning.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: