Bersiap, PPDB SMP di Karawang Dibuka 26 Juni

Bersiap, PPDB SMP di Karawang Dibuka 26 Juni

-Istimewa-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2023-2024 jenjang SMP/MTs negeri di Kabupaten Karawang akan kembali digelar secara online. Sesuai jadwal, waktu pendaftaran akan dibuka mulai 26 Juni hingga 8 Juli 2023.

Kepala Bidang Guru, Tenaga Kependidikan dan Kurikulum, Parno, melalui Kasi Kurikulum dan Pengendalian Perizinan Pendidikan, Warju mengatakan, ada empat jalur pendaftaran yang tersedia bagi calon peserta didik yaitu zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan.

Jalur zonasi, jelas Warju, terbagi ke dalam tiga kategori yakni satu desa dengan SMP/MTs tujuan, warga desa yang berbatasan langsung dengan SMP/MTs negeri tujuan, dan warga desa se-kecamatan dengan SMP/MTs negeri tujuan.

"Jalur afirmasi terdiri dari keluarga ekonomi tidak mampu (KETM) serta disabilitas fisik dan disleksia. Jalur prestasi ada prestasi akademik dan nonakademik. Sedangkan jalur perpindahan meliputi perpindahan tugas orang tua atau wali, luar kabupaten, serta guru dan tenaga kependidikan," ujar Warju, kepada KBE, Rabu (21/6).

Warju menjelaskan, setiap jalur memiliki presentase kuota jumlah peserta didik yang berbeda-beda. Jalur zonasi menyediakan kuota paling banyak yaitu 50 persen, kemudian jalur afirmasi 20 persen dengan rincian KETM 15 persen serta disabilitas dan disleksia 5 persen.

"Kuota untuk jalur prestasi sebesar 25 persen yakni prestasi akademik 10 persen dan nonakademik 15 persen. Sedangkan jalur perpindahan (orang tua/wali, luar kabupaten, serta guru dan tenaga kependidikan) lima persen,” jelasnya.

Lebih lanjut Warju menyampaikan, pendaftaran PPDB melalui laman https://ppdb.karawangkab.go.id terlebih dulu dibuka untuk jalur perpindahan dan jalur prestasi nonakademik pada 26 dan 27 Juni. Dilanjutkan pendaftaran jalur zonasi dan afirmasi pada 28 Juni hingga 3 Juli. Ditutup pendaftaran jalur prestasi akademik pada 5-8 Juli, ditambah dengan sisa kuota masing-masing jalur.

"Waktu pengumuman hasil seleksi jalur perpindahan dan prestasi nonakademik akan dilaksanakan pada 27 Juni, jalur zonasi dan afirmasi pada 3 Juli, serta jalur prestasi akademik pada 8 Juli. Hasil seleksi dapat dilihat di website https://ppdb.karawangkab.go.id pada pukul 16.00 WIB," katanya. (ayi/mhs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: