Desa Cibening Fokus Program Penurunan Stunting

Desa Cibening Fokus Program Penurunan Stunting

KOLABORASI: Pemdes Cibening berkaloborasi dengan Alfamart yang berada di Desa Cibening serta pihak rumah sakit swasta yang berada di Kecamatan Setu, Senin (19/6).-DIMAS/KARAWANG BEKASI EKSPRES-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Percepatan penurunan Stunting merupakan prioritas utama dari Pemerintah Desa Cibening, Kecamatan Setu, untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

 

Penjabat Kepala Desa Cibening, Abdul Rochmat menjelaskan, penanganan dan pencegahan Stunting dapat diwujudkan dengan kaloborasi serta juga melibatkan pihak swasta. Seperti pada Senin (19/6) lalu, Pemdes Cibening berkaloborasi dengan Alfamart yang berada di Desa Cibening serta pihak rumah sakit swasta yang berada di Kecamatan Setu.

 

"Alfamart punya program pencegahan stunting dengan melibatkan kader posyandu, kami mendukung dengan melibatkan kader posyandu dan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)," paparnya.

 

Warga tampak antusias mengikuti kegiatan posyandu di Alfamart. Abdul mengatakan akan berupaya menggandeng pihak swasta untuk penanganan dan pencegahan stunting.

 

Dari data terkini, hanya empat orang anak yang terdeteksi stunting. Abdul menjelaskan secara rutin Pemdes Cibening memberikan PMT kepada yang terdeteksi stunting dan terdeteksi dini. "Posyandu ini selalu memantau perkembangan, jika ada indikasi yang stunting. Kita lakukan tindakan, dari kegiatan desa pun kita berikan PMT,"tuturnya.

 

Pemberian makanan tambahan merupakan makanan  yang kaya akan protein hewani pada balita seperti susu dan telor. Abdul mengajak seluruh warga Desa Cibening mendapatkan posyandu untuk memantau perkembangan balita dan ibu hamil. Hal ini agar dapat diambil langkah pencegahan.

 

"Target kita setiap tahunnya turun sampai zero stunting, untuk tahun lalu kita ada penurunan. Kalau tahun dulu ada sekitar 10, sekarang ini sudah turun,"paparnya. (dim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: