Sejarah Desmond Dalam Tegakkan keadilan

Sejarah Desmond Dalam Tegakkan keadilan

Sejarah Desmond Dalam Tegakkan keadilan --

Desmon J Mahesa mengembuskan napas terakhir setelah dirawat karena sakit di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta, Sabtu (24/6/2023) sekitar pukul 04.00.

Wafatnya Desmond menjadi kehilangan besar bagi Gerindra karena karena ia merupakan kader yang loyal kepada partai dan kritis mengawal pemerintahan.

Desmon dirawat di RS Mayapada pada Jumat (23/6) setelah mengeluh sesak napas. Kondisinya sempat membaik, namun sekitar pukul 03.00 kondisinya menurun dan dipindahkan ke ruang ICU (Intensive Care Unit). Satu jam berselang, Desmond dinyatakan meninggal. Desmond akan dimakamkan di Komplek Pemakaman Al Azhar, Karawang.

Desmond menjadi anggota DPR tiga periode sejak 1999-2014, 2014-2019, dan 2019-2024.Ketika berkontestasi di Pemilu Legislatif 2019 dari dapil Banten II, Desmond mengantongi 103.837 suara.

Sebelumnya, pada Pileg 2014, Desmond mengantongi 61.275 suara dari dapil yang sama. Sedangkan pada debutnya di Pileg 2009, Desmond berlaga di dapil Kalimantan Timur dan mendapatkan 13.439 suara.

BACA JUGA:Sikap Kritis Desmond J Mahesa Telah Tutup Usia 57 Tahun

Sebelum terjun ke politik praktis, Desmond dikenal sebagai aktivis pro demokrasi yang turut mendorong reformasi 1998. Dikutip dari laman Fraksi Gerindra, Desmond mulai dikenal publik setelah menjadi salah satu korban penculikan pada tahun 1997/1998.

Saat itu, Desmond tercatat sebagai salah satu aktivis dan mahasiswa yang berjuang menegakkan keadilan dan demokrasi pada masa pemerintahan Orde Baru yang dipimpin Presiden Soeharto.

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman, mengenang Desmond sebagai sosok yang sangat baik. Almarhum merupakan politikus yang sangat peduli dengan sesama kader dan banyak membantu masyarakat.

Sikap kritis Desmond salah satunya ditunjukkan saat mengawal isu transaksi mencurigakan Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan.

Meskipun partainya merupakan pendukung koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Desmond justru mengusulkan agar dibentuk panitia khusus (pansus) untuk menelusuri dan mengungkap kasus tersebut.

BACA JUGA:Inovasi Kodam III/Siliwangi, Barang dan Teknologi Tercipta Didanai APBD Provinsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.kompas.id/baca/polhuk/2023/06/24/desmond-j-mahesa-bersikap-kritis-hingga-akhir-hayat